Terbang ke Saudi, Jokowi Singgah di Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Terbang ke Saudi, Jokowi Singgah di Aceh

Terbang ke Saudi, Jokowi Singgah di Aceh
Foto Terbang ke Saudi, Jokowi Singgah di Aceh

* Bertemu Raja Salman dan Trumph di KTT Islam

BANDA ACEH – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi undangan dari Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud untuk hadir dalam KTT Islam Arab-Amerika Serikat. Presiden dan rombongan yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (20/5), singgah (transit) selama 1,5 jam, di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar.

Pesawat Kepresidenan RI mendarat di Bandara SIM pukul 15.36 WIB. Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi, dan Seskab Pramono Anung, serta sejumlah staf Kepresidenan. Rombongan disambut oleh Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah, Pangdam IM Mayjen TNI Moch Fachrudin, dan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Rio S Djambak.

Di sela-sela menunggu pengisian bahan bakar pesawat, Presiden melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur, Kapolda, dan Pangdam. di salah satu ruangan di Bandara SIM. Sekitar 1,5 jam kemudian, sekitar pukul 16.40 WIB, pesawat lepas landas dalam kondisi hujan.

Usai mengantar Presiden, Gubernur Zaini Abdullah kepada wartawan mengatakan tidak ada hal serius yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Karena dalam waktu dekat Ia berencana berjumpa khusus dengan Presiden Jokowi, dalam agenda perpisahan menyusul berakhirnya masa jabatannya sebagai Gubernur Aceh.

Presiden juga sempat mengutarakan kesannya terhadap pelaksanaan Penas XV KTNA yang berlangsung di Aceh beberapa waktu lalu. “Beliau (Presiden) masih mengingat ada petani yang ngotot ingin maju bertemu Presiden (saat pembukaan Penas), kenapa harus ngotot sekali? Beliau ingat sampai sekarang,” ujar Doto Zaini sambil tertawa.

Gubernur Zaini Abdullah juga menyampaikan harapan agar Pemerintah Pusat menjadikan Bandara SIM sebagai bandara transit. Karena saat ini fasilitas bandara itu sudah sangat memadai untuk transit pesawat tujuan luar negeri. “Akan segera kita minta nanti, ini wewenangnya Menteri Perhubungan,” ujarnya.

Dari Jakarta dilaporkan, kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi untuk memenuhi undangan, menghadiri  KTT Islam Arab-Amerika Serikat. “Saya dan rombongan akan berangkat ke Riyadh, Saudi Arabia untuk memenuhi undangan yang langsung diberikan ke saya dari utusan khusus Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk menghadiri Arab Islamic American Summit yang diselenggarakan besok (hari ini),” tutur Jokowi, menjelang keberangkatan di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, kemarin.

Jokowi mengungkapkan hanya berada satu hari di Arab Saudi, kemudian malamnya kembali ke Jakarta. Presiden menjelaskan, forum KTT Ismal Arab-Amerika Serikat ini sangat penting bagi Indonesia, karena forum itu akan membahas di antaranya persoalan terorisme dan radikalisme. “Arab Islamic Summit sangat penting bagi Indonesia, karena akan dibahas kerja sama internasional melawan terorisme dan radikalisme,” kata Jokowi.

“Kami akan menyampaikan pentingnya penggunaan soft power melawan radikalisme dan terorisme. Juga pentingnya kerja sama internasional untuk menangani akar masalah,” tutur Jokowi.

Dilansir dari kantor berita AFP, diberitakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersama istrinya, Melania dan rombongan tiba lebih dulu di Riyadh, Arab Saudi. Kunjungan Trumph ke Saudi merupakan lawatan pertama dalam perjalanan internasionalnya sejak dilantik menjadi presiden pada Januari lalu. Trumph dan rombongan tiba sekitar pukul 09.50 waktu setempat.

Selama di Arab Saudi, Trump akan mengadakan pertemuan termasuk dengan para pemimpin Saudi. Trump juga akan memberikan pidato mengenai “harapan untuk visi damai Islam” di depan sekitar 50 pemimpin Arab dan muslim di sana.

Selain ditemani istrinya, Trump juga ditemani oleh putrinya sekaligus penasihat kepresidenan, Ivanka Trump beserta suaminya, Jared Kushner.

Pemerintah Saudi telah menyatakan, kunjungan Trump tersebut akan mencakup pertemuan mengenai kesepakatan komersial dan politik dan akan membantu meningkatkan perang bersama melawan para militan. “Sangat senang bertemu Anda,” kata Raja Salman ketika Trump mendekat padanya.

“Ini merupakan sebuah kehormatan besar,” sahut Trump.

Trump disambut tiga gadis Saudi, yang membawakan sebuket bunga untuknya saat tiba di bandar King Abdul Aziz. Sambutan atas kedatangan Trump ke Arab Saudi dinilai jauh berbeda dari kedatangan mantan Presiden AS Barack Obama ke negara itu. Trump dikatakan lebih disambut dengan antusiasme publik yang luar biasa dan terkesan lebih hangat ketimbang Obama.

Di Riyadh, foto-foto Trump dan Raja Salman serta gambar bendera AS dan Arab Saudi banyak dipampang di papan-papan iklan. Beberapa dari papan-papan iklan itu menyorot sejarah panjang hubungan persahabatan antara AS dan Arab Saudi.

Trump juga disambut langsung oleh sang raja di bandara, berbeda dengan Obama yang malah tak ditemui langsung oleh raja saat kedatangannya. Dalam kunjungan dua hari tersebut, Trump memiliki misi teken kontrak kerja sama di bidang persenjataan. Selain itu, Trump juga sudah dijadwalkan untuk menyampaikan pidato yang menyuarakan persatuan muslim untuk melawan ekstremisme dan terorisme.(mun/URI.co.id/new york times/washington post) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id