Amru-Said Peroleh  21.494 Suara | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Amru-Said Peroleh  21.494 Suara

Amru-Said Peroleh  21.494 Suara
Foto Amru-Said Peroleh  21.494 Suara

* Hasil Rapat Pleno KIP Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues (Galus), Sabtu (20/5), mengelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan Perolehan Suara Ulang (PSU) di gedung DPRK.

Hasilnya, pasangan calon nomor urut 3, Muhammad Amru-Said Sani (Mass) tetap unggul dengan total perolehan sebanyak 21.494 suara. Jumlah tersebut termasuk perolehan suara dalam PSU yang berlangsung di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS), 17 Mei 2017 kemarin.

Posisi selanjutnya diraih pasangan nomor urut 2, Abd Rasad-Rajab Marwan (Sarama) dengan memperoleh 20.122 suara, dan terakhir pasangan nomor urut 1, Adam-Iskandar (Hadis) dengan 13.052 suara. Total jumlah pemilih sebanyak 54.668 suara.

Amatan Serambi, para tamu dan undangan rapat pleno diperiksa dengan ekstra ketat oleh petugas keamanan. Jumlah undangan yang hadir juga sepi, bahkan dari pimpinan unsur Muspida plus, hanya Kapolres dan Ketua DPRK, H Ali Husin, yang terlihat hadir.

Ketua KIP Galus, Alfin Anhar, kepada Serambi, mengatakan, rapat pleno rekapitulasi penghitungan  perolehan suara PSU digelar secara terbuka, disaksikan langsung oleh ketiga saksi dari masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati Galus. “Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara ini akan langsung kita bawa ke MK di Jakarta,” katanya.

Alfin Anhar mengaku, saat ini tahapan Pilkada 2017 di Galus sudah hampir tuntas pasca-tahapan PSU di lima TPS dilaksanakan. Ia juga mengapresiasi besarnya antusias masyarakat untuk berpartisipasi dalam PSU tersebut.

Sebagaimana diketahui, PSU di lima TPS tersebut berlangsung di TPS 3 Kerukunan Kutapanjang dan TPS 1 Desa Rikit Dekat kecamatan Kutapanjang. Kemudian di TPS 3 Desa Penampaan Toa, Kecamatan Blangkejeren, TPS 1 Desa Tungel Baru Kecamatan Rikit Gaib, dan di TPS 1 Desa Bemem Buntul Pegayon Kecamatan Blangpegayon.

Aparatkeamanan dari jajaran Polres Gayo Lues (Galus) dan personel Brimob Subden IV mengawal dan memeriksa ketat para tamu dan undangan acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dalam Pilkada PSU yang di gelar KIP di gedung DPRK Galus, Sabtu (20/5).

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada kendaraan, tetapi juga hingga saku tamu undangan. Bahkan sangking ketatnya pengamanan, terkesan lebih banyak jumlah aparat ketimbang jumlah tamu yang hadir.

Kapolres Galus melalui Kabag Sumda, Kompol Masri, kepada Serambi menyebutkan, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 100 orang lebih. “Kendaraan para tamu dan undangan diperiksa di pintu gerbang masuk kompelek gedung DPRK, kemudian pemeriksaan kembali dilakukan di pintu utama dan pintu masuk dalam gedung,” kata Kompol Masri.

Kabag Sumda juga mengakui bahwa jumlah pasukan yang dikerahkan lebih banyak dari jumlah tamu yang hadir. Namun demikian, lanjutnya, pemeriksaan terhadap tamu dan undangan tetap harus dilakukan secara berlapis.(c40) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id