‘Petanque’ Masuk Aceh Tengah   | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

‘Petanque’ Masuk Aceh Tengah  

‘Petanque’ Masuk Aceh Tengah   
Foto ‘Petanque’ Masuk Aceh Tengah  

TAKENGON – Olahraga petanque atau dibaca ‘petang” asal Perancis berupa ketangkasan melempar bola dari besi mulai masuk Aceh Tengah. Hal itu ditandai dengan dibentuknya Pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh Tengah yang dikomandoi Irba

Ketua Bidang Binpres, KONI Aceh Tengah, Edi Saputra, Sabtu (20/5) mengatakan petanque merupakan cabang olahraga baru di Aceh Tengah, namum telah berkembang di Indonesia sejak 2011. 

“Olahraga petanque sudah dipertadingkan pada PON Jabar tahun lalu, namun masih eksebisi. Begitu juga pada PORA Aceh Besar 2018, petanque juga menjadi pertandingan eksebisi,” kata Edi Saputra.

Dia berharap dengan terbentuknya kepengurusan FOPI Cabang Aceh Tengah, maka harus bisa segera membuat program kerja, khususnya untuk pembinaan atlet-atlet tingkat sekolah.

“Tentu diharapkan, akan lahir atlet petanque yang memiliki potensi untuk meraih prestasi, bukan hanya tingkat kabupaten, tetapi juga sampai level nasional, dan internasional,” harapnya.

Ketua Bidang Organisasi KONI Aceh Tengah, Adami Rizal menambahkan, olahraga petanque merupakan jenis olahraga baru. Untuk itu, pengurus yang baru dibentuk harus lebih dulu mendalami tentang olahraga satu ini.

“Kalau sudah mengerti, tentu pengembangan olahraga ini dapat berjalan serta berkembangan dengan baik,” imbuhnya.  Adapun pembentukan pengurus FOPI Aceh Tengah masa bakti 2017-2021 dipilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) yang berlangsung di Sekretariat KONI Aceh Tengah, Sabtu (20/5).

Muscab dihadiri para pengurus KONI, seperti Ketua Bidang Organisasi KONI Aceh Tengah, Adami Rizal, Imran Syah Efendi dan Ketua Bidang Binpres, Edi Saputra. Sedangkan susunan pengurus terdiri dari Ketua Umum, Irba, Wakil Ketua I Sadikun, Wakil Ketua II, Hasbiun Rave, Sekretaris Umum, Zainal Abidin, Wakil Sekretaris I, Mawaddah, Wakil Sekretaris II, Arda Tonara.

Sedangkan Bendahara Umum, Afdhal Syukri, Bidang Organisasi dan Hubungan antar Lembaga, Hanafi dan Haldian TM, Bidang Binpres, Rudy Rizky, Bidang Sarana Prasarana, Julian Putra, Nedi Septia, dan Bidang Humas Edi Saputra.

Sementara, petanque merupakan olahraga yang cukup mudah dimainkan. Pemain hanya cukup melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu dalam posisi kaki yang harus tetap berada di dalam lingkaran.

Untuk bisa menang, masing-masing tim harus berusaha menyingkirkan bola lawan, agar tidak lebih dekat dengan bola kayu. Permainan ini biasanya dimainkan di tanah keras yang dilapisi pasir atau batu kecil. Bisa dimainkan secara perorangan maupun grup yang terdiri dari dua sampai tiga orang.(my) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id