Sebagian Pemuda Aceh tak Siap Jadi Buruh Kasar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sebagian Pemuda Aceh tak Siap Jadi Buruh Kasar

Sebagian Pemuda Aceh tak Siap Jadi Buruh Kasar
Foto Sebagian Pemuda Aceh tak Siap Jadi Buruh Kasar

URI.co.id, BANDA ACEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari PAN, Asrizal H Asnawi mengatakan bahwa sebagian besar pemuda Aceh tidak siap menjadi buruh kasar, sehingga banyak peluang kerja kasar ini diambil oleh orang non Aceh.

“Sama-sama kita ketahui bila sebagian besar pemuda Aceh tidak siap menjadi buruh kasar sehingga banyak peluang kerja kasar ini diserobot oleh mereka yang merantau ke Aceh. Kita perlu pikir solusi apa terhadap keadaan seperti ini,” katanya kepada URI.co.id, Sabtu (20/5/2017).

Ia menyatakan, pemerintah tidak boleh diam terhadap persoalan ini, apa lagi sampai menyalahkan rakyat.

“Perlu kita berdayakan penduduk Aceh dengan memberikan pelatihan keterampilan tentang kewirausahaan baik segi pertanian, perkebunan, maupun peternakan,” ujarnya.

Pemerintah Aceh ke dapan, ulasnya, harus bisa memberikan terobosan-terobosan baru untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. Menurutnya, anggaran Aceh yang melimpah selama ini ternyata belum berdampak positif dalam mengurangi kemiskinan.

Asrizal juga menyampaikan, besarnya angka pengangguran juga disebabkan oleh sistem perbankan Aceh yang sangat sulit mengucurkan dana bagi pengusaha dalam bentuk pinjaman atau kredit. Selama ini, Bank Aceh hanya menyalurkan kredit konsumtif kepada PNS saja.

“Ke depan kita berharap agar Gubernur terpilih memberikan terobosan-terobosan baru dengan membuka peluang usaha, baik dari segi pertanian, perkebunan maupun dengan menghadirkan industri berkelas nasional di Aceh,” ungkapnya. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id