Tim Penegas Batas Aceh Selamatkan Nelayan Tengelam | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim Penegas Batas Aceh Selamatkan Nelayan Tengelam

Tim Penegas Batas Aceh Selamatkan Nelayan Tengelam
Foto Tim Penegas Batas Aceh Selamatkan Nelayan Tengelam

URI.co.id, SINGKIL – Tim Penegasan Batas Aceh dari Biro Pemerintahan Aceh, Topografi Kodam IM dan Pemkab Aceh Singkil, berhasil selamatkan nelayan tenggelam, tiga mil laut Pulau Palambak, Rabu (17/5/2017) sekitar pukul 15.30 WIB.

Korban Suprin Zebua alias Bibin (40) penduduk Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, tenggelam setelah perahunya dihajar ombak.

Dari tengah lautan, Bibin terlihat melambaikan kain warna biru sebagai isarat minta tolong dengan kondisi perahu yang ditumpanginya penuh air. “Saya pikir jaring, rupanya orang minta tolong,” kata Anwar alias Raja Keong Ciput, nakhoda speedboat yang membawa rombongan Tim Penegas Batas Aceh.

Melihat itu, Asisten I Setdakab Aceh Singkil, Mohd Ichsan, memimpin penyalamatan.

Korban berhasil dinaikan ke speedboat setelah ditarik Khairul, salah satu tim penyelamat yang mampu berenang walau ombak berkecamuk.

Selanjutnya korban dan perahunya diseret ke Pulau Palambak, sambil menunggu bantuan yang dikontak melalui RAPI ke Satgas SAR Pulau Banyak, dari atas Speedboat Lumba-lumba itu.

Sementara itu, Bibin mengatakan, perahunya mati mesin setelah dihantam ombak sekitar pukul 10.00 WIB 1 mil dari Pulau Rangit. “Tiba-tiba turun badai, perahuku terendam air aku dayung, tapi tidak sanggup dan terus hanyut ke tengah,” kata Bibin dengan mata berkaca-kaca.

Tim Penegas Batas Aceh, sebelumnya juga terjebak di laut, dalam perjalanan dari Pulau Panjang, Singkil Utara ke Pulau Banyak, Selasa (16/5/2017) sore hingga Rabu dini hari, akibat tali setirnya potong.

Setelah berhasil diperbaiki di Pulau Balai, bergerak menuju Singkil, namun di perjalanan bertemu nelayan tenggelam. “Cuaca pun kurang bersahabat, sebaiknya kita berlindung dan membawa korban ke Pulau Palamabak,” kata Anwar.

Sekitar pukul 18.30 WIB keluarga korban, disusul Satgas SAR Kepulauan Banyak, datang menjemput.

Sementara Tim Penegas Aceh, menginap di Pulau Palambak, karena tidak bisa ke Singkil, selain cuaca buruk juga sudah malam.

Pagi ini sekitar pukul 08.45 WIB Tim Penegas Batas Aceh, berhasil kembali ke Singkil. Setelah menempuh perjalanan menegangkan terkenan hantamanan ombak. (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id