Kata kata Hakim | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kata kata Hakim

Kata kata Hakim
Foto Kata kata Hakim

Oleh: Jarjani Usman

Bila seorang hakim mengupayakan hukum (dengan jujur) dan keputusannya benar, maka dia akan memperoleh dua pahala. Namun bila keputusannya salah, maka dia akan memperoleh satu pahala (HR. Bukhari).

Kata-kata sangat dahsyat peranannya. Kata-kata bisa membangun negeri atau menghancurkannya, seperti yang digunakan untuk melantik orang-orang baik sebagai pemimpin negeri yang selanjutnya akan memberi pengaruh besar terhadap pembangunan umat. Bagi seorang hakim, kata-katanya dalam keputusan bisa berujung pada pembunuhan seseorang, pemenjaraan, atau pembebasannya. Resiko kata-kata hakim bukan tak beresiko bagi dirinya sendiri. Kata-kata hakim bisa membawa dirinya ke surga atau malah ke neraka.

Bahkan, dalam suatu hadits disebutkan: Hakim terdiri dari tiga golongan. Dua golongan hakim masuk neraka dan segolongan lagi masuk surga. Yang masuk surga ialah yang mengetahui kebenaran hukum dan mengadili dengan hukum tersebut. Bila seorang hakim mengetahui yang haq tapi tidak mengadili dengan hukum tersebut, bahkan bertindak zalim dalam memutuskan perkara, maka dia masuk neraka. Yang segolongan lagi hakim yang bodoh, yang tidak mengetahui yang haq dan memutuskan perkara berdasarkan kebodohannya, maka dia juga masuk neraka (HR. Abu Dawud).

Karena itu, maunya seseorang hamba yang menjadi hakim sudah menyiapkan diri terutama secara mental agar tak mudah tergoda dengan godaan harta dunia yang bisa menghilangkan keadilan. Berusahalah untuk membuat keputusan dengan adil dan benar, meskipun tak terutup kemungkinan terjadi kesilapan. Yang demikian juga berpahala. (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id