Prof Azyumardi Azra: Itu Penyesatan Sejarah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Prof Azyumardi Azra: Itu Penyesatan Sejarah

Prof Azyumardi Azra: Itu Penyesatan Sejarah
Foto Prof Azyumardi Azra: Itu Penyesatan Sejarah

PROFESOR Azyumardi Azra mengatakan, tidak ada bukti kuat penetapan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, sebagai titik nol masuknya Islam ke Nusantara.

“Sejauh yang saya teliti, saya tidak menemukan bukti kuat bahwa Barus sebagai Titik Nol Islam Nusantara. Jadi, kalau ada yang berpendapat demikian, itu penyesatan sejarah,” tegas Azyumardi Azra dalam Seminar Nasional “Mempertegas Teori Awal Masuknya Islam ke Nusantara” di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Senin (15/5) pagi.

Ilmuwan berdarah Minang itu menyebutkan bahwa dalam penelitian sejarah dikenal tiga model pembuktian sejarah.

Pertama, sejarah itu ditemukan kembali (di-recovery) melalui penelitian. Kedua, sejarah direkonstruksi kembali oleh para sejarawan meski tidak bisa seratus persen akurat hasilnya.

Ketiga, sejarah itu dicipta/dibikin (invented history). Dengan kata lain, sejarah direkayasa. “Nah, saya melihat ada kepentingan ideologis politis dalam penetapan Barus sebagai Titik Nol Islam Nusantara,” ujarnya.

Ia kembali menegaskan bahwa Pasai-lah yang memiliki bukti kuat titik Islam Nusantara bermula. “Saya masih pegang Pasai sebagai titik nol Islam Nusantara dengan bukti yang jelas. Kalau ada yang berpendapat Barus sebagai Titik Nol Islam Nusantara, itu sesuatu yang jauh panggang dari api. Tunjukkan buktinya, kalau memang buktinya kuat, itu baru kita percaya,” kata peneliti jaringan ulama Nusantara ini. (ari/dik) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id