KMP Teluk Sinabang Docking Tahunan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KMP Teluk Sinabang Docking Tahunan

KMP Teluk Sinabang Docking Tahunan
Foto KMP Teluk Sinabang Docking Tahunan

* Serifikat Keselamatan Kapal Berakhir

SABANG – Kapal Motor Penumpang (KMP) Teluk Sinabang yang selama dua pekan ini membantu pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya mulai Minggu (14/5) berhenti beroperasi, karena sertifikat keselamatan kapal lambat itu sudah berakhir. Sementara KMP BRR juga dikabarkan akan menjalani docking tahunan akhir bulan Mei.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Abdurrani kepada Serambi, Senin (15/5) mengatakan, tak beroperasinya KM Teluk Sinabang untuk membantu pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya itu, disebabkan sertifikat keselamatan kapal berkapasitas 350 penumpang dan 35 mobil itu, sudah berakhir dan wajib menjalani docking tahunan selama sebulan di Belawan.

Abdurrani mengakui belum mengetahui apakah selesai docking nanti KMP Teluk Sinabang kembali melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh, atau kembali ke Meulaboh untuk melayani pelayaran Aceh Barat-Simeulu. “Mulai Minggu (14/5) sore KMP Teluk Sinabang sudah berangkat ke Belawan untuk docking tahunan,”katanya.

Dengan berhentinya beroeprasi KMP Teluk Sinabang, lanjutnya, pelayaran Sabang-Banda Aceh menggunakan kapal lambat kini hanya dilayani oleh KMP BRR. Bahkan KMP BRR juga dikabarkan akan menyusul ke Belawan untuk menjalani docking tahunan akhir bulan Mei 2017 sehubungan sertifikat keselamatan kapal tersebut sudah berakhir.

Dikatakan, meski KMP BRR akan menjalani docking tahunan selama sebulan, namun sejauh ini belum ada pengganti kapal lambat tersebut yang akan melayani pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya. Sementara KMP Tanjung Burang, hingga kini masih parkir di Pelabuhan Ulee Lheue, karena rusak sejak dua bulan lalu.

Sementara Supervisi ASDP Perwakilan Sabang, Husaini mengatakan, setelah kembali dari docking tahunan di Medan, maka KMP Teluk Sinabang tidak lagi melayari Banda Aceh-Ulee Lheue, tapi kembali mengangkut penumpang Meulaboh-Sinabang.

Selain KMP Teluk Sinabang yang sudah berangkat ke Belawan, hingga dua pekan ke depan, maka selanjutnya menyusul ke Belawan untuk menjalani docking tahunan KMP BRR. Namun, untuk menggantikan KMP BRR masih ada KMP Tanjung Burang melayari Banda Aceh-Balohan Sabang. Namun, KMP Tanjung Burang harus diperbaiki terlebih dahulu.(az) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id