Daftar JKN-KIS Dapat Melalui Telepon | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Daftar JKN-KIS Dapat Melalui Telepon

Daftar JKN-KIS Dapat Melalui Telepon
Foto Daftar JKN-KIS Dapat Melalui Telepon

BANDA ACEH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendaftarkan diri, dan anggota keluarganya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) yaitu melalui telepon BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Pendaftaran ini khusus untuk calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Wilayah Aceh, Rita Masyita Ridwan melalui Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan, Maryadi Usman dalam konferensi pers, di BPJS setempat, Senin (15/5) mengatakan kini calon peserta mandiri tidak perlu mengantri di Kantor BPJS Kesehatan, sebab sudah dapat melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau diimplementasikan virtual service.

Dikatakan Maryadi, BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya memiliki fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, teleconsulting dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan menjadi beberapa fungsi. “Salah satunya adalah pendaftaran peserta mandiri dan peserta bukan pekerja. Peserta juga dapat melakukan mutasi data kepesertaan untuk data nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta mandiri,” jelasnya.

Hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon antara lain nomor KK, NIK, nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor handphone, alamat domisili atau tempat tinggal yang digunakan untuk pengiriman kartu, dan alamat email.

“Setelah syarat diatas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400,” kata Maryadi. Selanjutnya, sambung Maryadi, setelah agent care center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.(una) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id