4.111 Murid SD Aceh Besar Ikut USBN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

4.111 Murid SD Aceh Besar Ikut USBN

4.111 Murid SD Aceh Besar Ikut USBN
Foto 4.111 Murid SD Aceh Besar Ikut USBN

JANTHO – Sebanyak 4.111 murid SD dari 207 unit SD di Aceh Besar, Senin (15/5) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ketua Panitia Penyelenggara USBN PAI Aceh Besar, yang juga Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Aceh Besar, H Juniazi SAg, MPd menjelaskan, selain ujian tulis yang dilaksanakan serentak Senin (15/5), USBN PAI SD ini mencakup tiga ranah yang diujikan, yakni, ranah sikap melalui penilaian akhlak mulia, ranah pengetahuan melalui ujian tulis, dan ranah keterampilan melalui ujian praktik yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah dengan dibimbing oleh guru PAI.

Dijelaskan, ada perbedaan dengan pelaksanaan USBN PAI tingkat SMP yang lalu, yang sebagiannya berbasis komputer, USBN PAI tingkat SD di Aceh Besar seluruhnya dilaksanakan berbasis kertas dan pinsil.

Sebelum mengikuti ujian tulis USBN PAI, seluruh murid di Aceh Besar telah dibekali dengan sejumlah try out, simulasi, bimbingan dengan memberikan kisi-kisi soal USBN PAI yang telah disiapkan, baik di sekolah, melalui sanggar belajar, dan UPTD.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar, Drs H Salahuddin MPd, saat melakukan monitoring USBN PAI, Senin (15/5) di sejumlah sekolah SD dan Madrasah Ibtidayah (MI) bersama Majelis Pendidikan Daerah, Dinas Pendidikan Aceh Besar, dan tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengatakan, USBN PAI SD ini adalah salah satu bentuk kegiatan untuk mengukur capaian kompetensi murid yang dilakukan sekolah terhadap mata pelajaran PAI.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Sekretaris Dinas, Teuku Zahlul SE mengapresiasi pelaksanaan ujian akhir sekolah khususnya di Aceh Besar pada semua tingkatan tahun ini, termasuk USBN dan UN yang sedang berlangsung. Menurutnya, tahun ini banyak hal sebetulnya yang perlu dikaji ulang untuk pelaksanaan ujian ke depan, misalnya perihal penggandaan dan distribusi naskah soal ujian yang diserahkan melalui MKKS, atau KSSS, yang sedikit merepotkan teman-teman di lapangan.(rel/mis) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id