Geulanggang Teungoh Membara | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Geulanggang Teungoh Membara

Geulanggang Teungoh Membara
Foto Geulanggang Teungoh Membara

* 18 Rumah Terbakar, 85 Jiwa Mengungsi

BIREUEN – Sebanyak 18 unit rumah berkontruksi papan yang dihuni 19 kepala keluarga (KK), serta satu unit usaha jok mobil di Jalan Linggar Bireuen, tepatnya di Dusun Lagang, Desa Geulanggang Teungoh, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, ludes terbakar, Senin (15/5) sore. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Tapi 85 jiwa harus mengungsi.

Informasi yang dihimpun Serambi dari berbagai sumber di lokasi kejadian menyebutkan, api yang menghanguskan 18 unit rumah yang berda di tanah wakaf itu, diduga berasal dari salah satu rumah tersebut. Namun belum diketahui penyebab munculnya api dari rumah itu.

Saat kejadian, kawasan itu terjadi angin sehingga seluruh rumah papan tersebut ludes dalam hitungan menit. Sejumlah armada pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian, tidak mampu memadamkan api yang membumbung tinggi, dan ditutup asap hitam yang cukup tebal.

Petugas pemadam kebakaran bersama masyarakat, dibantu relawan RAPI, Tagana, dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, berusaha memadamkan percikan api agar tidak menjalar ke rumah lainnya.

Warga setempat dan warga yang melintas ramai-ramai ke lokasi kejadian. Akibatnya, ruas jalan ke Desa Geulanggang Teungoh dari empat arah macet. Aparat Polsek Kota Juang, Polres Bireuen dan Kodim 0111/Bireuen, dibantu tim relawan bekerja keras mengurai kemacetan dan membuka jalur evakuasi untuk mobil pemadam.

Sementara itu, sejumlah korban kebakaran terlihat histeris. Mereka tidak dapat membendung air matanya saat api menghanguskan rumah-rumah mereka. “Saat ini kami masih mendata kerugian akibat musibah kebakaran ini,” kata M Husen, Keuchik Geulanggang Teungoh.

Setelah musibah itu, 85 jiwa korban kebakaran tersebut mengungsi ke tenda tanggap darurat yang dibangun oleh Pemkab Bireuen di meunasah desa setempat.

“Saya sudah memerintahkan kepala BPBD untuk segera membangun tenda tanggap darurat, agar warga kita yang terkena musibah dapat berteduh di tempat yang nyaman,” kata Bupati Bireuen Ruslan M Daud, tadi malam.

Dikatakan Ruslan, Pemkab juga menyalurkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran tersebut. “Kita mengharapkan warga yang mengalami musibah untuk bersabar atas cobaan ini,” pinta Bupati.(c38) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id