Warga Rohingya di Shelter Bayeun Tersisa 112 Orang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Rohingya di Shelter Bayeun Tersisa 112 Orang

Foto Warga Rohingya di Shelter Bayeun Tersisa 112 Orang

IDI – Warga Rohingya yang masih tinggal di Shelter Bayeun, Kecamatan Rantau Seulamat, Aceh Timur sebanyak 112 orang. Dari jumlah itu, 109 orang berasal dari Myanmar dan tiga orang warga Bangladesh. Ketiga warga Bangladesh itu merupakan titipan Shelter Kuala Langsa.

Ketua Satuan Pelaksana Penanganan Pencari Suaka, Dodi kepada Serambi, Jumat (11/3), mengatakan, sejak pertama ditempatkan di Shelter Bayeun pada 22 Mei 2015, pencari suaka dari kedua negara tersebut jumlahnya mencapai 400-an orang. Tapi, kemudian banyak dari mereka yang melarikan diri.

Dikatakan, warga asing itu disebut pencari suaka karena mereka merupakan orang yang mencari negara ketiga untuk tempat tinggal. “Bila badan pengungsi dunia, UNHCR sudah memberi kartu identitas kepada warga Rohingnya baru mereka disebut pengungsi,” ungkapnya.

Menurutnya, tiga warga Bangladesh itu akan dikembalikan ke negara asalnya jika dokumen perjalanan mereka sudah selesai dari Kedutaan Besar Bangladesh. “Kami hanya membantu Rohingya memberikan kebutuhan dasar. Kami juga rutin mendata mereka dua kali dalam seminggu,” papar Dodi. Sejauh ini, tambahnya, sudah empat pasangan yang menikah di shelter tersebut.(c49)  (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id