Ribuan Warga Meriahkan Banda Aceh Fun Bike | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ribuan Warga Meriahkan Banda Aceh Fun Bike

Ribuan Warga Meriahkan Banda Aceh Fun Bike
Foto Ribuan Warga Meriahkan Banda Aceh Fun Bike

* IRT dan PNS Dapat Sepmor

BANDA ACEH – Sekitar 6.000-an warga Banda Aceh memeriahkan Banda Aceh Fun Bike-Gowes Pesona Nusantara, Minggu (14/5) dengan mengambil start di Bundaran Simpang Lima dan finish di Lapangan Blang Padang. Kegiatan itu dalam rangka memperingati HUT Ke-812 Kota Banda Aceh sekaligus peresmian Tugu Bundaran Simpang Lima yang dibangun oleh Bank Bukopin.

Kegiatan itu dilaksanakan atas kerja sama Pemko Banda Aceh, Bank Bukopin, dan Harian Serambi Indonesia. Dalam Fun Bike itu ikut berkolaborasi 15 pesepeda nasional yang sedang touring keliling Indonesia yang tema ‘Gowes Pesona Nusantara’.

Amatan Serambi kemarin, sekitar 6.000-an peserta gowes sudah berkumpul sekitar pukul 08.00 WIB di kawasan Bundaran Simpang Lima, mengular di Jalan Tgk Daud Beureueh. Peserta disambut dengan penampilan drumband oleh pelajar SMA.

Kemudian, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs Zainal Arifin menyerahkan tanah dan air kepada peserta Gowes Pesona Nusantara yang sedang touring Indonesia, agar dibawa ke tujuan mereka selanjutnya, yaitu Kabupaten Aceh Besar.

Sementara Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal SE dan GM Regional 6 Bank Bukopin, Rudi Bahtiar didampingi Pimpinan Cabang PT Bank Bukopin Cabang Banda Aceh, Achmad Firdaus Pri menandatangani prasasti peresmian tugu Bundaran Simpang Lima. Tugu itu dibangun sejak pertengahan 2016 melalui CSR Bank Bukopin yang akan menjadi salah satu ikon kota Banda Aceh. Desainnya juga sudah mengandung unsur kebudayaan dan nilai islami yang dirancang bersama oleh Bank Bukopin dan Pemko Banda Aceh.

Selanjutnya, Illiza Sa’aduddin Djamal didampingi wakilnya, Deputi Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Reden Isnanta, Asisten Deputi Kemitraan Olahraga Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putra, petinggi Bank Bukopin, unsur Forkompimda, serta para sponsor melepas peserta Banda Aceh Fun Bike-Gowes Pesona Nusantara.

Peserta melewati rute Simpang Lima, depan Barata, Jalan Abu Lam U (depan Balai Kota), Simpang Jam, kemudian menuju Jalan Iskandar Muda hingga bundaran depan Masjid Baiturahim Ulee Lheue, selanjutnya peserta memutar kembali untuk mencapai garis finish di Lapangan Blangpadang.

Sedangkan peserta Gowes Pesona Nusantara dilepas secara bersama-sama dengan warga Banda Aceh, namun saat di Simpang Jam mereka beralih rute lain. Mereka menuju jalan Teuku Umar Seutui, Jalan Cut Nyak Dhien Lamteumen hingga finish di Rumah Cut Nyak Dhien Lampisang Aceh Besar. Pegowes nasional ini akan melewati 34 provinsi dan 90 kabupaten/kota dan finish di Magelang, pada September mendatang.

Sementara di Blangpadang, peserta fun bike mencapai garis finish sekitar pukul 10.00 WIB, mereka disambut dengan penampilan Amoeba Band. Setelah itu puncak acara pun dimulai, yaitu pengundian hadiah.

Dalam fun bike itu, hadiah utama berupa dua unit sepeda motor Honda Beat dibawa pulang oleh Supinar (34), IRT asal Lamtimpeung Darussalam, Aceh Besar dan Raihan (30), asal Lampaseh yang merupakan PNS di Bener Meriah. Undian untuk sepeda motor ditarik oleh Wali Kota Illiza yang didampingi wakilnya, petinggi Kemenpora, petinggi Bukopin, dan para sponsor.

Supinar tidak menyangka jika ia memperoleh hadiah sepeda motor dalam fun bike itu, karena sudah beberapa kali ikut kegiatan serupa tapi belum mendapatkan hadiah. “Honda (sepeda motor) ini nanti akan saya pakai untuk antar-antar kacang, selama ini saya memang menitip-nitip kacang di kedai-kedai,” ujarnya.

Sementara itu, Raihan menargetkan sepeda, karena ia ikut fun bike kemarin meminjam sepeda milik abangnya. Ia mengaku sedang tugas kerja ke Banda Aceh, karena sedang ada kegiatan fun bike HUT Banda Aceh ia pun ikut mendaftar.

Selain dua hadiah utama, juga terdapat hadiah lainnya yaitu TV LED yang diserahkan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, kulkas yang diserahkan oleh Pemimpin Cabang Bukopin Aceh, Ahmad Firdaus, sepeda yang diserahkan oleh Asisten Deputi Kemitraan Olahraga Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putra, android diserahkan oleh Sekda Banda Aceh, Ir Bahagia.

Selanjutnya, terdapat hadiah dispenser yang diserahkan oleh Kepala Dispora Banda Aceh, Hasbi, televisi yang diserahkan oleh Kepala OJK Aceh, Ahmad Wijaya Putra, kompor gas oleh perwakilan Dandim 0101, rice cooker oleh Manajer JNE, Mustakim, rice box oleh Asisten Pemerintahan Setdako Banda Aceh, Nurdin, kipas angin oleh Manajer MPO Bukopin, Sri Hariati, setrika oleh Sekretaris Redaksi Serambi Indonesia, Bukhari M Ali, dan terakhir lampu emergency oleh Kadis Pariwisata Banda Aceh, Rizha MM.

Dalam sambutannya, Illiza mengajak warga agar menjadikan momentum HUT Ke-812 Banda Aceh untuk semakin menjaga lingkungan yang sehat dan bersih, serta terus berkontribusi dalam pembangunan Banda Aceh ke depan.

“Mari secara bersama-sama kita terus menjaga kebersihan lingkungan kita, agar Banda Aceh semakin bersih dan nyaman,” tandas Illiza kemarin. (mun) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id