Saber Pungli Ingatkan Petugas Parkir | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Saber Pungli Ingatkan Petugas Parkir

Saber Pungli Ingatkan Petugas Parkir
Foto Saber Pungli Ingatkan Petugas Parkir

* Bisa Ditangkap Jika Kutip Uang tapi tak Berikan Karcis

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe sejak minggu lalu memberlakukan aturan parkir yang baru. Petugas parkir wajib memberikan karcis (tiket) saat meminta retribusi atau uang parkir pada setiap pemilik kendaraan. Jika petugas tak memberi karcis, warga bisa menolak membayar, dan petugas itu bisa ditangkap tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli).

Demikian antara lain disampaikan Ketua Penindakan Tim Saber Pungli Lhokseumawe, AKP M Yasir SE kepada Serambi, Minggu (14/5). Menurut Yasir, pihaknya sudah menjelaskan berbagai hal pada pengelola parkir dalam sosialisasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Termasuk kewajiban petugas memberi tiket bagi setiap pemilik kendaraan yang parkir.

Bila petugas parkir tidak memberikan tiket pada pemilik kendaraan, kata Yasir, maka petugas tersebut dinilai sudah melakukan pengutipan secara ilegal atau pungutan liar, dan bisa saja ditangkap oleh tim Saber Pungli. “Jadi kami ingatkan agar petugas parkir menjalankan aturan ini sebaik-baiknya. Jangan sampai nanti ditangkap tim Saber Pungli,” imbau Yasir.

Sebelumnya, Kabid Pendataan, Penetapan dan Pelayanan pada Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Lhokseumawe, Firdaus SE mengatakan, pemberlakuan karcis bagi kendaraan yang parkir, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perparkiran.

Firdaus mengatakan, sekitar dua pekan lalu, seluruh pengelola parkir yang bertugas di 28 titik di Kota Lhokseumawe, sudah disosialisasikan tentang aturan tersebut, sekaligus pembagian tiket parkir. Mulai saat itu, kata Firdaus, petugas sudah wajib memberikan tiket (karcis) pada setiap pemilik kendaraan yang parkir, tanpa harus diminta.

“Bila ada petugas parkir yang tidak memberikan tiket resmi, maka kita nilai itu adalah petugas ilegal. Jadi warga bisa menolak memberikan uang dan petugas parkir itu bisa saja ditangkap tim saber pungli karena melakukan pengutipan secara ilegal,” katanya.

Firdaus menambahkan, dalam melaksanakan aturan tersebut, petugas parkir tidak boleh beralasan kehabisan tiket. “Sebab ketika tiket mau habis, pengelola parkir bisa mengambil kembali ke tempat kami,” katanya.

Karena itu, ia berharap petugas parkir bekerja sesuai dengan aturan, sebelum ditangkap Tim Saber Pungli. Sementara tarif resmi perparkiran di Lhokseumawe, Rp 1.000 untuk sepeda motor, Rp 2.000 untuk mobil roda empat, dan Rp 6.000 untuk truk-truk berbadan sedang yang diizinkan masuk wilayah kota.(bah) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id