Muara Tiga Butuh Tambahan Bus Sekolah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Muara Tiga Butuh Tambahan Bus Sekolah

Foto Muara Tiga Butuh Tambahan Bus Sekolah

SIGLI – Kecamatan Muara Tiga, Pidie membutuhkan tambahan bus sekolah. Sebab, dengan satu bus yang tersedia saat ini, banyak pelajar di kecamatan paling barat Kabupaten Pidie itu banyak yang tak terangkut saat pergi dan pulang sekolah.

Kondisi itu diperparah jika bus sekolah yang ada saat ini terkadang tak beroperasi. Minimnya bus sekolah di Muara Tiga mengakibatkan pelajar SMP dan SMA di kecamatan itu pergi dan pulang sekolah dengan berjalan kaki.

Seperti pantauan Serambi pada Selasa (8/3) sekitar pukul 13.00 WIB, sejumlah pelajar berseragam SMP dan SMA terlihat berjalan kaki dari arah Gampong Pawot ke Gampong Cot dan Krueng. Selain itu, ada juga pelajar yang berdesak-desakan di pikap bak terbuka serta di atap labi-labi. Hanya sebagai kecil dari mereka yang pergi dan pulang sekolah mengendarai sepeda motor.

“Pukul 07.00 WIB kami jalan karena pukul 08.00 WIB masuk sekolah. Setelah pulang sekolah pukul 13.00, kami harus jalan lagi dan sekitar pukul 14.00 WIB baru tiba di rumah,” ujar seorang siswa SMA Laweung yang tak mau dituliskan namanya kepada Serambi, Selasa (8/3).

Camat Muara Tiga, Basri SH menjelaskan, satu bus sekolah di kecamatan itu menjemput pelajar arah ke Kalee. Tapi, saat bus menjemput pelajar ke Kampung Cot, mereka sudah pulang lebih dulu.

Jika dilihat dari segi geografis dimana jarak satu desa dengan desa lain yang relatif jauh, menurut Camat, masalah itu takkan teratasi jika di Muara Tiga hanya ada satu bus sekolah. Penyebab lain, pelajar tak mau naik bus sekolah, tapi mereka lebih memilih naik pikap terbuka milik warga. “Karena di Laweung ada dua jalur dari Kalee ke SMA dan arah ke Tumpok Cot, sudah seharusnya bus sekolah untuk Muara Tiga ditambah serta memaksimalkan operasional bus yang sudah ada,” pungkas Basri.

Belum Ada Dana
KEPALA Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pidie, M Adam BA yang dihubungi Serambi, Rabu (9/3) mengatakan, pihaknya belum ada dana untuk menambah bus sekolah untuk Muara Tiga.

Dikatakan, pihaknya sudah pernah memanggil camat Muara Tiga dan sopir bus sekolah untuk mempertanyakan masalah tersebut. Untuk itu, ia berharap kesabaran masyarakat sampai pihaknya bisa menambah bus sekolah ke kecamatan tersebut. “Pengadaan bus baru belum dapat kita lakukan sekarang karena belum ada dana,” ungkapnya.(aya) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id