BPJS Tarik Kartu tak Bertuan   | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BPJS Tarik Kartu tak Bertuan  

BPJS Tarik Kartu tak Bertuan   
Foto BPJS Tarik Kartu tak Bertuan  

MEULABOH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Meulaboh yang turun ke Desa Teumikeut Ranum, Kecamatan Woyla Timur, Sabtu (13/5) menarik kartu BPJS tak bertuan sebanyak 35 lembar di desa tersebut. Kartu yang sempat dipersoalkan oleh Ombudsman  RI Perwakilan Aceh itu akan dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan pemiliknya.

Tim BPJS beranggotakan tiga orang turun langsung menemui Keuchik Teumikeut Ranum, Marzuki. Tim tersebut didampingi Kepala Puskesmas Tangkeh, Woyla Timur, Abubakar dan seorang bidan desa setempat.

Tim melakukan klarifikasi kepada Keuchik Marzuki mengenai kartu BPJS yang tidak bisa didistribusikan itu. Tim BPJS juga mengecek beberapa kartu secara online.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, dr Neni Fajar yang ditanyai Serambi, Sabtu (13/5) mengatakan, jumlah kartu yang ditarik dari Keuchik Teumikeut Ranum sebanyak 35 lembar, bukan 60 lembar seperti yang mencuat sebelumnya. “Tim kita sempat mengecek beberapa di antara kartu itu. Ternyata ada pemilik kartu warga dari desa lain di Pasi Janeng,” katanya.

Ia memastikan penyebab kartu BPJS itu lama di rumah Keuchik Marzuki karena adanya kesalahan ketika distribusi sekitar dua tahun lalu dan keuchik tidak mengembalikannya ke BPJS atau puskesmas. “Seharusnya keuchik ketika mendapatkan kartu bukan milik warganya segera mengembalikan sehingga dapat dicek kembali indentitas pemilik kartu yang sebenarnya,” kata Neni.

Neni menyatakan akan mendalami lebih jauh kartu BPJS ini. Bila ditemukan penerima dari desa lain akan disalurkan kepada penerima yang berhak dan bila tidak aktif lagi maka akan dihapus. Apalagi data kartu BPJS Kesehatan pada kartu tersebut tahun 2010 yang dicetak tahun 2014.

Kepala Puskesmas Tangkeh Woyla Timur, Abubakar mengatakan, kartu BPJS tak bertuan itu sudah 1,5 tahun disimpan oleh Keuchik Marzuki di rumahnya. Terhadap kartu BPJS itu tidak ada persoalan karena selama ini pelayanan medis juga lancar saja di Puskesmas Tangkeh.

Keuchik Teumikeut Ranum, Marzuki yang dihubungi Sabtu kemarin membenarkan tim BPJS Kesehatan sudah menemuinya dan sudah mengambil kembali kartu BPJS yang sempat disimpannya karena tidak diketahui siapa pemiliknya.

Ia berharap kepada BPJS Kesehatan agar segera mengeluarkan kartu BPJS Kesehatan untuk warganya yang belum memiliki kartu. Namun dia mengakui warganya tidak ada kendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.(riz) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id