Bener Meriah Fokuskan Pengentasan Kemiskinan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bener Meriah Fokuskan Pengentasan Kemiskinan

Bener Meriah Fokuskan Pengentasan Kemiskinan
Foto Bener Meriah Fokuskan Pengentasan Kemiskinan

REDELONG – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah terus menggencarkan pengentasan kemiskian dengan membentuk program pro rakyat miskin. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bener Meriah bersama LSM Kolaborasi Masyarakat Pelayan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) sepakat untuk bekerjasama mengentaskan kemiskinan.

Komitmen tersebut tertuang dalam pertemuan di Kantor Bappeda Bener Meriah pada Rabu (10/5). Pertemuan juga dihadiri Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) yang memaparkan pemanfaatan Basis Data Terpadu (BDT) di depan para kepala SKPK terkait dan camat di aula Setdakab.

“Kami membahas program pengentasan kemiskinan dan inovasi pelayanan dasar,” kata Khairun Aksa, Kepala Bappeda Bener Meriah. Disebutkan, kemitraan dengan KOMPAK yang membidangi percepatan pengentasan kemiskinan dalam bentuk program pendampingan, merupakan kerjasasama Pemerintah Indonesia dengan Australia.

Khairun menjelaskan untuk Provinsi Aceh, termasuk Kabupaten Bireuen dan Aceh Barat. Dia menyatakan rapat kerja ini juga untuk mensosialisasikan penggunaan basis data terpadu sebagai rujukan dalam perencanaan daerah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan program-program yang pro terhadap masyarakat taraf bawah dapat dilaksanakan,” katanya. Dia menambahkan pelayanan dasar dalam birokrasi pemerintahan juga harus ditingkatkan, sehingga pelayanan kepada masyarakat miskin akan lebih optimal.

Dijelaskan, Bappeda akan membuat laporan lima tahunan yang berketerkaitan dengan masalah pengentasan kemiskinan dan pembangunan daerah. Sehingga rencana ataupun laporan yang akan disusun akan memuat tentang Strategi Pengentasan Kemiskinan Daerah (SKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah, Drs H Rusli M Saleh, menekankan pentingnya pola pikir masyarakat diubah menjadi lebih visioner, sehingga pengentasan kemiskinan akan dapat dilakukan. “Merubah pola pikir masyarakat masih sulit, karena masyarakat dimanjakan dengan berbagai bantuan,” ujar Rusli.

Rusli berharap melalui kegiatan ini, dapat ditemukan solusi terbaik dalam menuntaskan pengentasan kemiskinan di Bener Meriah. “Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat melahirkan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan taraf status sosial masyarakat,” tandas Plt Bupati Bener Meriah ini.(c51) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id