Tamu Penas dari Banten Benahi Rumah Warga | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tamu Penas dari Banten Benahi Rumah Warga

Tamu Penas dari Banten Benahi Rumah Warga
Foto Tamu Penas dari Banten Benahi Rumah Warga

BANDA ACEH – Sebanyak 10 tamu Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV dari Kabupaten Serang, Provinsi Banten, membenahi rumah warga di Gampong Lam Blang Manyang, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. Rumah itu milik seorang single parent bernama Eka Susanti (41), PNS di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Besar.

Eka Susanti kepada Serambi, Jumat (12/5) mengatakan, dirinya terkagum sekaligus terharu dengan kebaikan para tamu dari Serang tersebut. Sepuluh tamu terdiri atas 4 laki-laki yaitu Zaenal Zen, Uus, Entis, dan Budi. Sedangkan enam tamu perempuan yakni Nining, Lilis, Rufiah, Wina, Kartini, dan Eka.

“Lebaran sudah dekat buk, pagar rumah ibu akan lebih cantik kalau dicat. Ibu beli bahannya biar kami yang cat, “ ujar Eka menirukan salah seorang bapak yang baru tiba di rumahnya, Sabtu (6/5) lalu. Mendengar usul dari bapak tersebut, ibu tiga anak itu hanya tersenyum dan mengiyakan saja karena berpikir usulan itu sekedar bercanda.

Namun lanjutnya, para tamu itu terus mengingatkannya untuk membeli satu kaleng cat tembok 25 kilogram sebelum berangkat kerja. Dengan berat hati, Eka pun membeli pesanan tersebut. “Mulanya mereka bilang mau ngecat pagar, eh tahunya hampir seluruh tembok rumah dicat,” kata Eka, dan mengaku menangis saat mendapat surprise dari tamunya itu.

Dia menambahkan, selain mengecat tembok, tamu penas itu juga membersihkan pekarangan rumah, hingga memperbaiki saluran air dan kran wastafel rumahnya. “Mereka sangat tulus membantu. Alasannya, mereka ingin meninggalkan kenangan indah di Aceh saat kembali ke kampung halaman,” ujarnya.

Eka pun mengaku sangat terharu dengan kedekatan para tamu Serang dengan tiga anaknya. “Berat bagi saya dan anak-anak saat para tamu berangkat pulang. Mereka sudah seperti keluarga bagi kami,” kata dia, dan mengatakan anaknya sampai menangis saat tahu para tamu pulang ke Serang pada Kamis (11/5) pagi.

Kepada Eka, para tamu juga berpesan agar menghubungi mereka saat berkunjung ke Serang, Banten. “Mereka bilang ke saya, ibu sekarang punya 50 rumah di Serang yang bisa dikunjungi. Datang lah kapan pun ibu mau,” ujar ibu tiga anak itu sambil menahan tangis. (fit) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id