Jeuram-Takengon Lumpuh Total | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jeuram-Takengon Lumpuh Total

Jeuram-Takengon Lumpuh Total
Foto Jeuram-Takengon Lumpuh Total

* Longsor Terjang Singgah Mata

UKA MAKMUE – Ruas jalan nasional di lintasan Jeuram-Takengon di kawasan Jambo Burong tepatnya di kilometer 50, Pegunungan Singgah Mata, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya sore kemarin lumpuh total setelah diterjang longsor dari tebing gunung menutupi badan jalan.

Informasi yang diperoleh Serambi dari sejumlah warga di lokasi kejadian menyebutkan timbunan tanah longsor yang terjadi sejak Jumat pagi pukul 07.20 WIB tersebut telah menutupi badan jalan di kawasan hutan lindung tersebut sepanjang kira-kira 10 meter.

Kondisi ini membuat puluhan kendaraan yang melintas terjebak. “Kami sudah lama terjebak longsor, namun tak satu pun alat berat dikerahkan ke lokasi untuk memindahkan material longsor,” kata Nando, pengguna jalan kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, di lokasi longsor hanya terdapat sejumlah prajurit TNI dari Posramil Beutong Ateuh yang membantu warga melintasi longsoran serta berusaha memindahkan material longsor dari atas badan jalan menggunakan cangkul. Ia bersama warga lainnya berharap terjangan longsor ini segera diatasi pihak terkait sehingga warga tidak terjebak semakin lama di tengah hutan.

Sudah lapor balai
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nagan Raya, Tamarlan ST yang dikonfirmasi Serambi kemarin mengatakan pihaknya telah melaporkan peristiwa longsor di lintasan Gunung Singgah Mata, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang. “Mudah-mudahan segera ada penanganan, karena jalan ini merupakan tanggung jawab pihak balai,” katanya.

Tamarlan mengakui terlambatnya penanganan longsor di kawasan hutan lindung tersebut karena pihaknya belum mendapat laporan dari pihak kecamatan, sehingga penanganan longsor belum bisa dilakukan secara maksimal.

Siagakan Babinsa
Sementara itu Danposramil Beutong Ateuh Banggalang Pelda Khairul kepada wartawan mengatakan akibat bencana longsor di lintasan Gunung Singgah Mata, akses badan jalan dari Nagan Raya-Takengon hingga kemarin masih belum bisa dilintasi karena tertimbun material tanah yang memenuhi badan jalan. “Saat ini kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas,” katanya.

Ia menyebutkan, longsor yang terjadi sekitar pukul 07.20 WIB tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil, dikarenakan saat bencana terjadi belum ada masyarakat yang melintas di lokasi kejadian. “Sampai saat ini Babinsa Posramil Beutong Ateuh kami siagakan dengan dibantu masyarakat membersihkan material lumpur dan dahan-dahan pohon dengan alat seadanya sambil menunggu datangnya alat berat,” kata Pelda Khairul.(edi) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id