Masyarakat Minta Normalisasi Sungai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Masyarakat Minta Normalisasi Sungai

Masyarakat Minta Normalisasi Sungai
Foto Masyarakat Minta Normalisasi Sungai

* Tangani Banjir di Padang Tiji

SIGLI – Masyarakat Kecamatan Padang Tiji, Pidie berharap sungai di Gampong Kupula Tanjung, kecamatan setempat dinormalisasi. Sebab, jika hujan deras beberapa jam saja jalan nasional dan rumah penduduk di wilayah tersebut langsung tergenang.

“Tadi malam jalan nasional di kawasan Kupula Tanjung tergenang, sempat terjadi antre kendaraan,” ujar Camat Padang Tiji, T Zulkifli kepada Serambi, Jumat (12/5).

Kendaraan terjebak banjir di jalan dengan ketinggian air 40 centimeter (cm) sampai satu meter. Jalan di kawasan itu rendah dan berada di pinggir sungai.

Sehingga, pengendara mobil tdak berani menerobos, dan lebih memilih parkir di daerah aman sebelum jalan tergenang. Pada pukul 21.00 WIB, Kamis (12/5), perlahan-lahan air surut, lalu-lintas berangsur lancar, dan kendaraan berusaha menerobos sisa genangan.

Hujan lebat kemarin mengguyur dari pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB. Puluhan rumah di Gampong Kupula Tanjung, jalan nasional di daerah terendam. Ketinggian air dalam rumah antara 20 cm sampai satu meter. “Menjelang dini hari hari atau sekitar pukul 00.00 WIB Jumat (12/5) air mulai surut di rumah penduduk,” tuturnya.

Amatan Serambi, Jumat (12/5), sebagian besar warga membersihkan sisa banjir yang merendam rumah mereka. Selain itu, padi yang sudah memasuki masa berbuah ikut rusak dihantam banjir.

Kemarin sekitar pukul 11.00 WIB, Camat Padang Tiji sedang mendata padi yang rusak. “Agak banyak, petugas kami masih di lokasi,” katanya. Ia menilai normalisasi sungai itu sangat diperlukan. Sebab, rumah dan jalan nasional sering tergenang jika hujan deras.(aya) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id