Polres Singkil Lepas Pria Asal Lumajang yang Dicurigai Pengikut ISIS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polres Singkil Lepas Pria Asal Lumajang yang Dicurigai Pengikut ISIS

Foto Polres Singkil Lepas Pria Asal Lumajang yang Dicurigai Pengikut ISIS

aceh.Uri.co.id,SINGKIL – Setelah melakukan introgasi Polres Aceh Singkil, akhirnya melepas WH (43) pria asal Lumajang, Jawa Timur, Jumat (11/3/2016).

Sebelumnya laki-laki kurus itu, ditangkap warga di masjid Baiturrahman Desa Siompin, Suro, lantaran dicurigai simpatisan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS).

Kapolres Aceh Singkil, AKBP M Ridwan, mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan barang-barang yang dimiliki WH tidak ada kaitannya dengan ISIS. Seperti gambar bendera warna hitam bertulisan arab yang ada dalam Hp WH, bukan bendera ISIS melainkan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).  (BACA: Dicurigai Simpatisan ISIS, Warga Lumajang Diamankan di Singkil)

“Gambar bendera yang dicurigai warga mirip bendera ISIS, setelah dicek bukan. Itu bendera Hizbut Tahrir Indonesia,” kata M Ridwan.

Termasuk tulisan tangan yang berisi tentang jihad, juga tidak ada kaitannya dengan ISIS.

Menurut Kapolres, tulisan itu merupakan buletin milik HTI.

“Tulisan tangan itu merupakan buletin Hizbut Tahrir Indonesia. Bukan berisi jihad yang seperti itu,” jelasnya.

Lantaran tidak ada kaitanya dengan ISIS, maka WH dipersilakan pulang. Memang kata M Ridwan, yang bersangkutan hanya membawa kartu keluarga, sebab KTP-nya tertinggal di Aceh Selatan.

“Setelah diintrogasi WH sekitar pukul 07.00 WIB pagi, dipersilakan pulang. Dia ke Aceh Selatan, untuk mengambil KTP-nya yang tertinggal di sana,” kata AKBP M Ridwan. (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id