Blangko KTP Tersedia Lagi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Blangko KTP Tersedia Lagi

Blangko KTP Tersedia Lagi
Foto Blangko KTP Tersedia Lagi

* Di Disdukcapil Bireuen

BIREUEN – Blangko KTP elektronik (e-KTP) kini tersedia lagi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen. Seperti diketahui, sejak akhir tahun 2016 stok blangko e-KTP di dinas tersebut kosong. Akibatnya, warga yang mengurus KTP selama ini hanya diberikan surat keterangan.

Sehubungan dengan sudah tersedia kembali blangko e-KTP, Kepala Disdukcapil Bireuen, Drs M Jafar Madjid mengimbau warga kabupaten itu yang belum memiliki e-KTP tapi sudah merekam data atau yang mengantongi surat keterangan pengganti KTP agar segera mendatangi Kantor Disdukcapil Bireuen untuk proses cetak KTP.

“Sedangkan bagi warga yang belum merekam data atau pemula (baru wajib KTP) dapat segera merekam data ke kantor camat setempat,” ungkap M Jafar kepada Serambi, di Bireuen, Selasa (9/5). Disebutkan, blangko e-KTP yang diterima pihaknya kali ini sebanyak 10.000 lembar. Sedangkan kebutuhan untuk warga Bireuen, lanjut M Jafar, mencapai 20.000 lembar.

Untuk mengantisipasi banyaknya warga yang akan mencetak e-KTP, menurut M Jafar, pihaknya sudah mengadakan rapat membahas kesiapan petugas melayani masyarakat yang mengurus KTP. Selain kesiapan petugas, kata M Jafar lagi, banyaknya e-KTP yang mampu dicetak setiap hari juga tergantung jaringan internet dan jaringan listrik.

“Bila jaringan internet bagus dan listik tidak padam, kemungkinan kita bisa cetak e-KTP 200 sampai 300 lembar per hari. Tapi, bila terjadi gangguan jaringan internet atau listrik, kami harap masyarakat maklum,” ungkapnya. Bagi warga yang sudah mengantongi surat keterangan, M Jafar meminta agar membawa surat tersebut ke Disdukcapil untuk dapat dicetak KTP-nya.

Asisten III Setdakab Bireuen, Drs Muzakkir Azis menambahkan, selain blangko e-KTP sebanyak 10.000 lembar, Pemkab Bireuen juga menerima surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang isinya menyatakan bahwa semua e-KTP berlaku seumur hidup termasuk yang akan berakhir pada tahun 2017 ini.

“Jadi, warga yang masa berlaku e-KTP-nya hingga 2017 tak perlu resah. Sebab, sesuai dengan edaran Mendagri yang kami terima KTP tersebut juga sudah ditetapkan berlaku seumur hidup,” ungkap Muzakkir.

Terkait keluhan warga yang kesulitan melakukan transaksi di bank karena masa berlaku e-KTP-nya sudah berakhir pada 2017, Muzakkir memastikan pihaknya akan segera mengirim surat ke semua bank dengan melampirkan edaran Mendagri. Sehingga pihak bank akan paham dengan pemberlakuan aturan tersebut.(yus) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id