Mantan Napi Pekerja Kantin Dibebaskan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mantan Napi Pekerja Kantin Dibebaskan

Foto Mantan Napi Pekerja Kantin Dibebaskan

BANDA ACEH – Halim alias Maun bin Hanafiah (46), mantan napi LP Kelas II A Banda Aceh yang sebelumnya dipekerjakan di kantin lapas tersebut, Rabu (9/3) malam dibebaskan. Halim sebenarnya telah bebas murni pada 13 Februari 2016 lalu itu, berdasarkan temuan petugas Kanwil Kemenkumham Aceh saat menyidak lapas pada Senin (7/3) malam.

Kepala LP Kelas IIA Banda Aceh, Djoko Setianto kepada Serambi, Kamis (10/3) mengatakan, pihaknya menyesalkan kejadian yang menimpa Halim. Menurutnya, Halim sudah bebas dua tahun lalu melalui mekanisme pembebasan bersyarat (PB). “Karena tidak ada penjamin dari pihak keluarganya, maka surat tersebut tidak diurus pihak LP,” kata Djoko, seraya menyebut dirinya sudah menegur pengelola kantin, karena tindakan mempekerjakan napi yang sudah bebas sebuah kesalahan.

Selain itu kata dia, mempekerjakan napi yang sudah bebas juga berisiko bagi LP. “Untuk merekrut pekerja di kantin LP sekalipun harus tetap selektif. Karena napi memiliki catatan tindak kejahatan yang berisiko jika kami pekerjakan,” kata dia, dan mengaku telah menegur pengelola kantin agar kejadian seperti itu tidak kembali berulang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, selama dua tahun mendapat PB, Halim dipekerjakan di dalam LP Kelas IIA Banda Aceh. Dia masih tinggal dalam blok LP, bisa tidur gratis dan menikmati ransum tanpa bayar tiga kali sehari dari dapur LP. Halim dipenjara delapan tahun karena terlibat kasus kesusilaan (melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak).(fit) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id