Kasus Damkar Dianggap Belum Sentuh Dalangnya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kasus Damkar Dianggap Belum Sentuh Dalangnya

Kasus Damkar Dianggap Belum Sentuh Dalangnya
Foto Kasus Damkar Dianggap Belum Sentuh Dalangnya

Pengusutan kasus dugaan korupsi dalam pengadaan mobil pemadam kebakaran senilai Rp 17,5 miliar untuk Banda Aceh sudah mengalami kemajuan signifikan. Paling tidak, ada empat tersangka yang sudah ditahan sejak dua hari lalu. Akan tetapi, aktivis antikorupsi di Banda Aceh mengangganggap kasus yang sudah diusut jaksa sejak 2015 itu belum menyentuh aktor intelektualnya.

Koordinator Gerakan Antikorupsi (GeRAK) Aceh, Askhalani, memang mengapresiasi kerja keras penyidik Kejari Banda Aceh yang membongkar kasus yang diduga merugikan negara sekitar Rp 4,7 miliar itu. Namun, ia juga meminta Kajari Banda Aceh untuk mengusut “dalang” di balik kasus itu.

“Hasil kroscek lapangan, aktornya adalah perantara antara kolega di pendopo dengan dinas pengusul dari Kota Banda Aceh. Orang ini yang menyetting semua, termasuk dugaan kedekatan antara kontraktor tersebut dengan orang di Pendopo Gubernur Aceh,” kata aktivis antikorupsi itu.

Ia menyatakan bahwa kerja penyidikan yang dilakukan dan mendapat supervisi dari KPK adalah sebuah langkah maju dalam membongkar megakorupsi pengadaan mobil damkar. “Kita juga mendukung Kajari untuk membuka nama aktor lain yang ditengarai terlibat aktif dalam melobi proyek, mengarahkan pemenangan proyek, serta dugaan aktor utama yang meraup untung besar dari proyek ini untuk dibuka secara terang benderang,” ujarnya.

Desakan LSM tersebut tampaknya tidak bertepuk sebelah tangan. Sebab, Kajari Banda Aceh, Husni Thamrin SH, mengatakan tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus ini. “Semua sangat tergantung pada penyidikan lebih lanjut nantinya. Bisa saja ada tersangka-tersangka lainnya,” kata Husni.

Ya, dengan penahanan empat tersangka itu pastilah akan memudahkan penyidik untuk secara ibntensif mengungkap habis jalan cerita proses pengadaan itu. Dengan status tersangkan sekaligus tahanan, tentulah keempat tersangka itu tak akan “pelit” lagi untuk mengungkap semuanya.

Dan, yang sangat ditunggu oleh kalangan aktivis antikorupsi dan para wartawan adalah kapan penyidik menyentuh “dalangnya”. Sebab, biasanya, dalam kasus dugaan korupsi ini, sang dalanglah yang paling banyak mendapat bagian. Sedangkan yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan itu adalah orang-orang yang hanya menjalankan tugas dan menikmati bagian kecil dari duit korupsi itu.

Ya, sekali lagi kita berharap jaksa supaya dapat mengembangkan penyidikan kasus ini hingga menemukan aktor intelektualnya. Ini penting, selain untuk memenuhi rasa keadilan, juga agar siapapun tak curiga macam-macam kepada penyidik. Apalagi, pengusutan kasus ini dianggap sudah terlalu lama. Nah?! (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id