100 Tenaga Medis Ikut Seminar Nasional Kebencanaan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

100 Tenaga Medis Ikut Seminar Nasional Kebencanaan

100 Tenaga Medis Ikut Seminar Nasional Kebencanaan
Foto 100 Tenaga Medis Ikut Seminar Nasional Kebencanaan

URI.co.id, BANDA ACEH – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Banda Aceh bekerjasama dengan IDI Wilayah Aceh dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Cabang Aceh mengadakan acara Seminar Nasional Kebencanaan dengan tema ‘Menyiapkan Tenaga Medis Indonesia Tangguh Bencana dan Simulasi Drill Tanggap Bencana’ di Auditorium Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) dan Hotel Hermes Palace Banda Aceh, tanggal 06-07 Mei 2017.

Seminar nasional ini dihadiri oleh dr Hanif (Kadis Kesehatan Aceh), dr Fachrul Jamal SpAn-KIC (Direktur RSUDZA), dr M Adib Khumaidi (Sekjen PB IDI Pusat), dr Azharuddin SpOT (Ketua Persi Aceh), dr Didik Sugiyanto, perwakilan BPBA dan DR Ir M Dirhamsyah, perwakilan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Seminar ini dihadiri 100 peserta dari seluruh Aceh meliputi dokter emergency rumah sakit daerah, perawat dan manajemen rumah sakit.”Seminar dan workshop ini diadakan untuk menyiapkan tenaga medis yang siap menghadapi bencana yang datang kapan saja. Kegiatan ini juga digelar karena selama ini Aceh merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana,” ujar Ketua Panitia Seminar Nasional, dr Safrizal Rahman MKes SpOT.

Safrizal Rahman mengatakan, pada hari pertama workshop berlangsung di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh meliputi penjelasan materi dari beberapa narasumber berasal dari berbagai instansi yang ahli dalam bidang kebencanaan dan penanganan emergency pasien pada saat bencana.

Hari kedua, para peserta workshop diikutsertakan pada drill simulasi.

Dimana para peserta dapat melihat langsung latihan kebencanaan di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin berupa bencana external dan bencana internal yang dipimpin langsung oleh direktur RSUZA dr Fahrul Jamal SpAN KIC dan Wadir Yan Med RSUZA Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine dan juga disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr Hanif, serta Sekjen PB IDI Dr Adib Khumaidi SpOT dari Jakarta.

Simulasi ini sangat menarik perhatian peserta terlihat dari antusiasnya pertanyaan yang diajukan saat diskusi.

“Kegiatan Drill ini kita adakan agar tim medis pada setiap rumah sakit dapat menangani pasien jika suatu saat terjadi bencana di daerah kerjanya masing-masing,” pungkas dr Safrizal Rahman MKes SpOT.(***) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id