Bang Leman Jamu Ontelis Kayuh Dua Provinsi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bang Leman Jamu Ontelis Kayuh Dua Provinsi

Bang Leman Jamu Ontelis Kayuh Dua Provinsi
Foto Bang Leman Jamu Ontelis Kayuh Dua Provinsi

BANDA ACEH – H Sulaiman Abda MSi atau akrab disapa Bang Leman, Wakil Ketua DPRA, Minggu (7/5), menjamu makan siang seratusan pendayung sepeda ontel (ontelis), di Rumoh Atjeh miliknya di kawasan Gampong Tibang Banda Aceh. Lokasi itu juga menjadi titik finish event Kayuh Dua Provinsi 2017 yang berlangsung pagi hingga siang, kemarin.

Jamuan Bang Leman menjadi bagian partisipasi politisi senior tersebut menyambut event Kayuh Dua Provinsi 2017 yang digagas Komunitas Pesepeda Ontel Gari Awak Awai (GAA) Koetaradja Banda Aceh. Ontelis melakukan start dayung di BLK Aceh Geuceue Komlpeks dan finish di Rumoh Atjeh pribadi Bang Leman.

Para goweser sepeda ontel yang ikut kegiatan itu juga berasal dari Gari Awak Awai (GAA) Bambi Pidie, serta pesepeda ontel dadakan yang ikut berpartisipasi langsung pada hari pelaksanaan, kemarin.

Ontelis dengan beragam pekaian jadul tempo doeloe, melintasi sejumlah ruas jalan, termasuk arena Penas KTNA XV di stadion Harapan Bangsa, Masjid Raya Baiturrahman, sebelum finish dan makan bersama dengan menu kuah beulangong di Rumoh Aceh milik Sulaiman Abda.

Sulaiman Abda mengatakan, dengan mendayung sepeda akan melahirkan energi positif dan berdampak pada kesehatan yang baik. Selain itu akan meningkatkan silaturrahmi antaranggota, dan juga menjaga budaya serta sejarah sepeda ontel yang dahulu digunakan sebagai alat transportasi, kenderaan perang, alat angkut hasil tani, kenderaan ke sekolah, kantor, tempat ibadah, dan lain-lain.

Bang Leman turut memperlihatkan kepada para ontelis itu sepeda Gazelle produksi 1935 yang pernah digunakannya saat bersekolah dari kampung halaman Glumpang Minyeuk ke ibukota Kabupaten Pidie Sigli. Sepeda itu kini ditempatkan khusus dan dirantai di tiang Rumoh Atjeh. “Ini sepeda penting dan bernilai sejarah saat saya masih bersekolah di kampung. Maka saya jaga sampai hari ini,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Sementara Ketua GAA H Nurdin F Joes memaparkan berbagai hal terkait pelaksanan Kayuh Dua Provinsi, antara lain pentingnya pelestarian ontel serta dukungan berbagai pihak seperti LSM BLBF, keluarga besar Bang Leman, Biro Umum Setda Aceh, Es Campina, pengangkutan GED, BLK Aceh dan pihak lainnya, sehingga event Kayuh Dua Provinsi 2017 terlaksana dengan sukses.(*/nur) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id