Museum Aceh akan Gelar Pameran Batu Nisan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Museum Aceh akan Gelar Pameran Batu Nisan

Museum Aceh akan Gelar Pameran Batu Nisan
Foto Museum Aceh akan Gelar Pameran Batu Nisan

URI.co.id, BANDA ACEH – Museum Aceh Bekerjasama dengan Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumut-Aceh akan menggelar Pameran Kontemporer Mengenal Batu Nisan Aceh tanggal 9 hingga 16 Mei 2017 di Museum Aceh.

Ketua Panitia, Almuniza Kamal SSTP MSi, Minggu (7/5/2017) mengatakan, persiapan Pameran Kontemporer Mengenal Batu Nisan Aceh sebagai Warisan Budaya Islam di Asia Tenggara sudah rampung 95 persen.

Ia mengatakan, pameran tentang khasanah budaya Aceh masa dan sekarang itu terselenggara atas dukungan dan kerjasama BPCB Sumut-Aceh dan Mapesa.

“Kami akan menampilkan sekitar 20-an koleksi batu nisan yang diselamatkan oleh Mapesa di sejumlah wilayah Aceh dan 30-an foto serta beberapa lukisan, serta informasi tentang penyebaran batu nisan di Asia Tenggara,” ujar Almuniza Kamal.

Selain itu, sebut Almuniza Kamal, akan ditampilkan koleksi batu nisan dari tiga kesultanan yaitu Kesultanan Lamuri, Samudra Pasai dan Kesultanan Aceh Darussalam. Dan yang paling menarik, katanya, ditampilkan cara membuat replika batu nisan Aceh.

Pameran temporer itu juga diselingi dengan seminar dan pemutaran video dokumenter penyelamatan batu nisan dan kegiatan rutin Mapesa di Aceh saat membersihkan, meneliti dan menyelamatkan batu nisan. “Insya Allah, acara ini sangat menarik untuk disaksikan,” ujar Almuniza Kamal.

“Kami berharap seluruh generasi muda Aceh dapat hadir melihat pameran dan mengikuti seminar ini, agar mereka mengenal budaya dan sejarah Aceh lebih mendalam,” lanjut Almuniza Kamal.

Kegiatan ini juga diperuntuhkan bagi tamu Pekan Nasional KTNA XV. Dan untuk even ini pula, panitia sudah menambahkan enam orang pemandu dari Mapesa dan BPCB Sumut-Aceh.

“Pameran yang terbuka untuk umum ini, akan dibuka oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah,” pungkas Almuniza Kamal. (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id