Dua Napi Kabur dari Rutan Idi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Napi Kabur dari Rutan Idi

Dua Napi Kabur dari Rutan Idi
Foto Dua Napi Kabur dari Rutan Idi

URI.co.id, IDI – Dua narapidana Rutan Idi, Aceh Timur, yang dipekerjakan membantu pekerjaan Rutan (Tamping) berhasil melarikan diri Sabtu (6/5/2017) pukul 00.15 WIB.

Kedua napi itu dipekerjakan membantu pekerjaan Rutan karena masa hukumannya sudah hampir habis.

Keduanya yakni Sarmin (27) warga Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, dan Anto (38) warga Gampong Jambo Bale, Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur.

Keduanya merupakan napi kasus narkoba jenis ganja dengan vonis masing-masing Sarmin 5 tahun, dan Anto 6 tahun.

“Sangat kita sayangkan mereka (tamping yang kabur) akan bebas empat bulan lagi. Dan selama ini kita percayakan membantu pekerjaan mengisi air ke kamar hunian,”ungkap Kepala Rutan Idi Irdiansyah Rana kepada Serambi, Minggu (7/5).

Paska kedua napi itu kabur, jelas Irdi, petugas Rutan dan Polisi yang diperbantukan di Rutan Idi, langsung melakukan penyisiran ke belakang rutan. Namun, hingga Sabtu sore keberadaan kedua napi belum diketahui.

“Upaya pencarian masih terus kita lakukan dan terus berkoordinasi dengan aparat Kepolisian,” jelas Irdiansyah.

Sebelumnya kronologis kaburnya kedua napi itu, jelas Idriansyah, berawal Sabtu sekitar pukul 00.15 WIB, keduanya bertugas mengontrol pembagian air ke kamar napi.

Keduanya sudah lama dipercayakan membantu pekerjaan Rutan sehingga pegawai Rutan tak menaruh curiga.

Tapi, pada saat itu keduanya berhasil melarikan diri dengan cara memanjat tembok luar rutan samping pos tiga dan melompat ke luar setelah melewati kawat berduri.

Saat ini warga binaan di Rutan Idi, jelas Irdiansyah, berjumlah 383 orang dengan memiliki tiga regu jaga yang masing-masing regu terdiri dari empat petugas. Sedangkan kapasitas Rutan Idi yang tersedia hanya mampu menampung 63 orang. (***) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id