Tiga Mesin Pertanian Modern Karya Anak Bangsa Dipamerkan di Arena Penas KTNA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tiga Mesin Pertanian Modern Karya Anak Bangsa Dipamerkan di Arena Penas KTNA

Tiga Mesin Pertanian Modern Karya Anak Bangsa Dipamerkan di Arena Penas KTNA
Foto Tiga Mesin Pertanian Modern Karya Anak Bangsa Dipamerkan di Arena Penas KTNA

URI.co.id, BANDA ACEH – Tiga mesin pertanian modern karya anak bangsa dipamerkan di arena pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan (Penas KTNA) XV di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (6/5/2017).

Ketiga mesin tersebut adalah mesin rotatanam, traktor multiguna, dan mesin pemanen. Ketiga mesin ini merupakan produksi Pindad, perusahaan yang selama ini memproduksi senjata api kelas dunia.

Dindin Saipuddin, Engineering Pindad mengatakan bahwa semua mesin itu diproduksi tahun 2017. Ini produksi perdana Pindad dibidang pertanian. Selama ini, perusahaan ini memproduksi berbagai jenis senjata api.

“Ini produksi pertama kita bidang pertanian, selama ini kita produksi senjata,” kata Dindin kepada URI.co.id di arena pembukaan Penas.

Ia menjelaskan satu persatu fungsi dari mesin itu. Mesin rotatanam memiliki fungsi sebagai pengolah tanah, mencacah atau mengemburkan tanah dan bisa juga menanam biji-bijian khususnya, jagung dan kedelai.

Sedangkan traktor multiguna memiliki beberapa fungsi yaitu bisa digunakan sebagai excavator, dozer, pengolah tanah, penanam biji-bijian dan panen (dalam proses pengembangan).

Sementara mesin pemanen hanya bisa digunakan untuk panen padi dan jagung.

Menurut Dindin, mesin-mesin belum ada dipasaran dan akan dikomersilkan kepasaran. “Ini mau dikomersilkan,” ujar dia yang didampingi beberapa rekannya yang menjaga mesin-mesin itu.

Kehadiran mesin-mesin ini menjadi pusat perhatian peserta Penas KTNA dari berbagai daerah. Dengan adanya mesin modern ini, diharapkan bisa membantu kerja petani Indonesia dalam meningkatkan produksi tanam. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id