KIP Aceh Tinjau Logistik Pilkada Ulang di Galus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP Aceh Tinjau Logistik Pilkada Ulang di Galus

  • Reporter:
  • Sabtu, Mei 6, 2017
KIP Aceh Tinjau Logistik Pilkada Ulang di Galus
Foto KIP Aceh Tinjau Logistik Pilkada Ulang di Galus

BLANGKEJEREN – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama sejumlah komisioner lainnya, Jumat (5/5), meninjau logistik Pilkada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kantor KIP Kabupaten Gayo Lues (Galus). PSU di lima TPS di kabupaten itu akan berlangsung 17 Mei mendatang.

Pantauan Serambi, peninjauan dilakukan oleh Ketua KIP Aceh dan sejumlah komisioner lainnya bersama Ketua dan komisioner KIP Galus, juga Dandim 0113/Galus. Peninjauan dilakukan di gedung penyimpanan logistik Pilkada di kantor KIP.

“Kesiapan logistik maupun tinta Pilkada PSU di Galus untuk lima kecamatan itu sudah hampir siap, namun demikian masih ada beberapa catatan yang perlu disempurnakan,” kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.

PSU ia jelaskan, merupakan salah satu proses demokrasi dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di seluruh Indonesia. Apabila ada pemilih menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali (dua kali) di TPS itu, maka proses pilkada ulang atau PSU harus dilakukan di TPS tempat terjadinya pemilihan lebih dari satu kali tersebut.

“PSU boleh diselenggarakan oleh penyelenggara pilkada tersebut, apabila ada rekomendasi dari lembaga terkait atau Panwaslih, apa lagi keputusan itu di keluarkan oleh Mahkamah Kontitusi (MK) seperti Pilkada 2017 di Galus, maka penyelenggara pilkada harus melakukan PSU di lima TPS itu,” tambahnya.

Ketua KIP Aceh bersama komisioner dan penyelenggara Pilkada di kabupaten itu berharap, proses PSU di lima TPS Galus itu harus betul-betul berjalan dengan aman dan tertib. Bahkan tidak boleh mencederai prinsip-prinsipdemokrasi itu sendiri.

Sementara Ketua KIP Galus, Alfin Anhar, didampingi Pokja logistik, Ridwansyah, mengatakan, kertas surat suara untuk pemilu ulang (PSU) sudah dicetak dan dicadangkan sebelumnya sebanyak 2.000 lembar, sesuai dengan perintah perundang-undangan nomor 10 tahun 2016. Bahkan kesiapan logistik Pilkada PSU di Galus sudah mencapai 90 persen.

“Untuk pelipatan kertas surat suara PSU di lima TPS dengan jumlah DPT 1.311 pemilih tersebut direncanakan pada tanggal 13-14 Mei dan untuk pendistribusian logistik itu sendiri direncanakan pada tanggal 16 Mei mendatang,” ujar Ridwansyah.(c40) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id