Petani Harus Tanam Padi 3 Kali Setahun | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petani Harus Tanam Padi 3 Kali Setahun

Petani Harus Tanam Padi 3 Kali Setahun
Foto Petani Harus Tanam Padi 3 Kali Setahun

PADA kesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan), Dr Andi Amran Sulaiman, juga menyampaikan orasinya, Ia meminta petani di Indonesia untuk mengubah pola tanam padi dari sekali dalam setahun menjadi tiga kali dalam setahun. Apabila ini dilakukan, maka penghasilan petani Indonesia akan berlipat menjadi 300 persen dan Indonesia akan menjadi negara swasembada pangan.

“Solusi permanen untuk menyejahterakan Indonesia adalah yang biasanya tanam satu kali, harus tanam tiga kali pertahun. Ada lahan 4 juta hektare di seluruh Indonesia, tanamnya hanya satu kali. Kalau tanam tiga kali artinya bisa 300 persen pendapatannya naik,” katanya.

Ia menjelaskan, sebenarnya dalam dua tahun terakhir Indonesia mendapat hambatan luar biasa dengan terjadinya elnino dan lamina. Tetapi, di tengah situasi sulit itu Indonesia bisa menurunkan jumlah impor dari negara lain. Beberapa komuditas yang berhasil tidak impor lagi seperti beras, bawang dan jagung.

“Ini prestasi yang dicapai oleh petani-petani Indonesia. (Petani-petani) ini betul-betul pahlawan. Artinya bisa kita stop (impor) karena kita bisa bersinergi. Artinya kita yakin ini bisa,” ungkap Arman optimis. diri.

Mentan juga berpesan kepada petani agar tidak terlalu banyak menghabis waktu untuk berbedat soal kandidat ketika musim pemilu tiba. Ia menyarankan, petani dan pemuda harus banyak bekerja. “Jepang dan Korea maju karena mereka kerja bukan diskusi, boleh diskusi tapi jangan setiap hari tapi setahun sekali,” imbuhnya. (mas) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id