Ontelis Aceh dan Sumut Gelar Kayuh Dua Provinsi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ontelis Aceh dan Sumut Gelar Kayuh Dua Provinsi

Ontelis Aceh dan Sumut Gelar Kayuh Dua Provinsi
Foto Ontelis Aceh dan Sumut Gelar Kayuh Dua Provinsi

BANDA ACEH – Seratusan orang goweser atau pedayung sepeda ontel atau lazim disebut ontelis gabungan dari Aceh dan Sumut, akan melakukan kayuh bersama dengan tajuk, Kayuh Dua Propinsi, Minggu (7/5) besok.

Ketua komunitas sepeda ontel Banda Aceh, Gari Awak Awai (GAA), Drs H Nurdin F Joes mengatakan, kegiatan itu juga ikut menyemarakkan Penas KTNA XV yang hari ini dijadwalkan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Ditambahkan, kegiatan kayuh dua provinsi ini melibatkan onyelis dari Sumut dan Aceh. Khusus dari Aceh akan diramaikan oleh komunitas ontelis dari Bambi, Pidie. Sementara dari Banda Aceh akan diikuti seluruh ontelis yang tergabung dalam wadah GAA.

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan silaturrahmi ontelis nusantara, serta juga membangun kecintaan kepada budaya anak negeri. “Kita ingin membangun silaturrahmi dan memperkenalkan kembali budaya kayuh sepeda klasik sebagai wujud mencintai sejarah,” tutur Nurdin F Joes, salah seorang Kabid di Dinas Registrasi Penduduk Aceh (DRKA).

Rute kayuh dimulai dari Balai Latihan Kerja (BLK) Geuceu, melintasi lokasi Penas XV di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, mengelilingi lokasi lokasi wisata sejarah dan spiritual Kota Banda Aceh, hingga finish di Rumoh Aceh milik Drs H Sulaiman Abda di Gampong Tibang, sekaligus khanduri kuah beulangong makan siang bersama.(nur) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id