Abdya Tampilkan Padi Sigupai di Penas KTNA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Abdya Tampilkan Padi Sigupai di Penas KTNA

Abdya Tampilkan Padi Sigupai di Penas KTNA
Foto Abdya Tampilkan Padi Sigupai di Penas KTNA

BLANGPIDIE – Peserta dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang mengikuti acara Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XV di Banda Aceh sejak 6-11 Mei 2017 menampilkan beragam hasil pertanian dan kesenian rakyat sebagai ciri khas daerah setempat. Antara lain produksi padi Sigupai, jenis varietas lokal yang sangat terkenal dan Rapai Geleng Bujang Juara yang sudah mendunia. “Kita membuka stan pemaran dengan memamerkan sejumlah produk unggulan Abdya, termasuk Padi Sigupai.

Padi varietas lokal ini kita tampilkan sejak proses tanam sampai hasil produksi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya Ir Muslim Hasan menjawab Serambi usai acara pelepasan peserta Penas ke Banda Aceh, Jumat (5/5). Selain itu juga dipamerkan pemakaian pupuk hayati yang mampu mempercepat pertumbuhan dan masa panen. Penggunaan pupuk ini akan dijelaskan oleh salah seorang anggota TNI dari Kodim 0110 Abdya. Sementara ajang kesenian, Kabupaten Abdya menampilkan Rapai Geleng Bujang Juara dari Desa Seuneulop, Kecamatan Manggeng.

“Rapai Geleng Hujang Juara akan tampil di Pentas kesenian di Taman Sari Banda Aceh,” kata Muslim. Rapai Geleng Bujang Juara dari Abdya sudah pernah tampil beberapa kali di luar negeri akan menghibur pengunjung dalam acara Penas KTNA XV 2017 di Banda Aceh yang diikuti 33 provinsi seluruh Indonesia. R

ombongan Penas dari Kabupaten Abdya berjumlah 75 orang dilepas keberangkatan ke Banda Aceh oleh Plt Sekda Abdya, Drs Thamrin di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan lokasi Padang Meurantee, Jumat (5/5). Rombongan bertolak dengan sejumlah kendaraan roda empat dipimpin Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Muslim Hasan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Abdya.

Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Muslim Hasan melaporkan, rombongan Penas berjumlah 75 orang, terdiri atas 50 orang Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dari Dinas Pertanian dan Pangan, termasuk dari DKP dan Dinas Keperasi, UKM dan Perindag Abdya. Kemudian 12 orang merupakan pendamping dari dinas serta 13 orang tim kesenian Rapai Geleng Bujang Juara.

Peserta Abdya selama mengikuti Penas akan menempati tiga rumah penduduk di Lampriek, Banda Aceh. Plt Sekda Abdya mengatakan peserta diharapkan dapat membawa nama daerah dengan menjaga sikap, tindakan dan perbuatan selama acara berlangsung.(nun) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id