Pembuangan Limbah Tempe di Bandarbaru Cemari Lingkungan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pembuangan Limbah Tempe di Bandarbaru Cemari Lingkungan

Pembuangan Limbah Tempe di Bandarbaru Cemari Lingkungan
Foto Pembuangan Limbah Tempe di Bandarbaru Cemari Lingkungan

URI.co.id,‎ MEUREUDU – Pembuangan limbah dari produksi tempe di Gampong Cut Langien serta Gampong Sagoe Langien Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya selama enam tahun terakhir diduga telah menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Pasalnya, air usaha limbah tempe itu selama ini dibuang ke saluran irigasi.

“Aroma bau air limbah yang dibuang ke saluran irigasi selama ini sangatlah menyengat sehingga mengusik kenyamanan masyarakat,” kata
keuchik Gampong Sagoe Langien, Bandarbaru, Pijay, Tgk Ishak Ibrahim kepada URI.co.id, Sabtu (6/5/2017).

Kondisi ini secara langsung telah memberikan imbas bagi ketidaknyaman bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang saluran irigasi. Selain itu, suplai air dari saluran irigasi ini selama puluhan tahun mengairi ratusan bahkan ribuan hektare lahan pertanian masyarakat.

Pembuangan air limbah yang tidak diawasi itu juga telah memberi dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Pihak aparatur gampong,‎ telah beberapa kali menyampaikan perihal pencemaran lingkungan limbah tempe ini baik kepada pengusaha dengan menyarankan menggunakan tabung penampungan limbah. Termasuk juga persoalan ini juga telah disampaikan kepihak kecamatan agar dapat dilakukan penertiban. (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id