Pekerja Tingkat SD Mendominasi di Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pekerja Tingkat SD Mendominasi di Aceh

Pekerja Tingkat SD Mendominasi di Aceh
Foto Pekerja Tingkat SD Mendominasi di Aceh

BANDA ACEH – Pada Februari 2017, penduduk yang bekerja di Aceh masih didominasi pekerja berpendidikan SD ke bawah yang mencapai 687 ribu orang (31,84 persen) dari total pekerja 2.158.000 orang. Tingkat pendidikan SD ini banyak terserap di sektor pertanian dan industri mikro kecil.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wahyudin MM menyampaikan hal ini dalam berita resmi statistik terkait Keadaan Ketenagakerjaan dan Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan I-2017 di Kantor BPS setempat, Jumat (5/5). “Setingkat SD ini kategorinya ada yang tamat, tidak tamat SD, serta tidak bersekolah sama sekali,” kata Wahyudin.

Selanjutnya, jumlah penduduk yang bekerja menurut tingkat pendidikan tertinggi kedua yaitu pendidikan SMA 559 ribu orang (25,91 persen), SMP 399 ribu orang (18,57 persen), tingkat diploma dan universitas sebanyak 401 ribu orang (18,56 persen), dan terakhir tingkat pendidikan SMK 112 ribu orang (5,18 persen).

Berdasarkan data tersebut, kata Wahyudin terlihat sebagian besar tenaga kerja di Aceh masih didominasi oleh tenaga kerja dengan pendidikan yang rendah yaitu setingkat SD ke bawah. Menurutnya, masih minimnya tenaga kerja tingkat diploma dan universitas yang terserap dalam lapangan kerja di Aceh karena jarang sekali lulusan tersebut bekerja di sektor pertanian.

“Sektor-sektor yang menyerap banyak tenaga kerja adalah pertanian, perdagangan, dan industri. Yang paling besar menyerap tenaga kerja adalah di sektor pertanian,” ujarnya.

Selain itu juga disampaikan jumlah pengangguran pada Februari 2017 sebesar 172 ribu. Jumlah ini menurun 10 ribu orang dibandingkan Februari 2016, yaitu 182 ribu orang. Dibandingkan dengan Agustus 2016, jumlah penganggur meningkat 1.000 orang yaitu dari 171 ribu orang. (una) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id