Penas Harus Bermanfaat bagi Petani di Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penas Harus Bermanfaat bagi Petani di Aceh

Penas Harus Bermanfaat bagi Petani di Aceh
Foto Penas Harus Bermanfaat bagi Petani di Aceh

ACARA Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XV yang dijadwalkan berlangsung mulai 6-11 Mei 2017 diharapkan memberi manfaat kepada petani dan nelayan di Aceh. Apalagi anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan tersebut sangat besar.

Harapan tersebut disampaikan Ketua DPRA, Tgk Muharuddin saat meninjau lokasi acara di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Kota Banda Aceh, Kamis (4/5). Dia didampingi Wakil Ketua I, Sulaiman Abda, dan Wakil Ketua III, Dalimi “Puluhan miliar anggaran telah kita habiskan untuk mensukseskan acara ini, baik yang bersumber dari APBN maupun APBA. Lalu apa yang bisa diperoleh petani dan nelayan Aceh?

Acara sebesar ini, hendaknya harus memberikan manfaat kepada petani dan nelayan diAceh,” kata Muharuddin kepada wartawan. Ia mengharapkan, acara gelar teknologi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan yang ada dalam Penas KTNA harus bisa diadopsi dan dikembangkan untuk peningkatan produksi dan pendapatan petani dan nelayan di Aceh.

“Kalau itu tidak dilakukan, maka acara Penas KTNA ini hanya sukses secara seremonial saja, tapi gagal dalam transfer teknologi. Ini sangat tidak diharapkan DPRA yang telah menyetujui anggaran pelaksaan mencapai puluhan miliar,” pungkas Muharuddin. DPRA dipastikannya sangat mendukung acara Penas KTNA ini. Atas dasar itulah pihaknya bersama pimpinan DPRA yang lain melakukan kunjungan ke lokasi acara, sekaligus untuk melakukan pengawasan.

Dukungan DPRA lanjutnya,juga ditunjukkan dengan disetujuinya anggaranuntuk persiapan tempat acara yang mencapai puluhan miliar. Dana tersebut berasal dari APBA 2017 yang tersebar di berbagai Satuan KerjaPemerintah Aceh (SKPA). “Hari ini kita ingin melihat apa saja yang telah dikerjakan oleh masing-masing SKPA untuk mensukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.Misalnya Dinas Pemuda dan Olah Raga. Muharuddin menyebutkan, dinas tersebut diberi tugas untuk menyiapkanlokasi tempat pembukaan acara di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, yang rencananya nanti akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan informasi yang diterima dari pihak panitia, sampai dengan H minus2 kemarin, persiapan sudah rampung 95 persen dan pada Jumat hari ini dipastikansudah selesai 100persen. Mendengar laporan tersebut, pimpinan DPRAoptimis acara pembukaan Penas KTNA XV akan berlangsung sukses. “Alhamdulillah. Kita optimis acara pembukaan nanti akan sukses,”kata Muharuddin yang juga diamini Sulaiman Abda dan Dalimi. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id