Segera Ganti Bukti Perekaman dengan KTP El | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Segera Ganti Bukti Perekaman dengan KTP El

Segera Ganti Bukti Perekaman dengan KTP El
Foto Segera Ganti Bukti Perekaman dengan KTP El

* Blangko KTP Elektonik Tiba

BANDA ACEH – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh, Drs Syahrullah mengatakan, blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) sudah tiba pada akhir April lalu. Karena itu, kepada warga yang telah melakukan perekaman segera mengganti surat keterangan perekaman itu dengan KTP El.

Hal itu dikatakan Syahrullah kepada Serambi Kamis (4/5) di Balai Kota. Menurut Syahrullah, blangko KTP El yang tiba ke Balai Kota tahap kedua ini baru 10.000 lembar. Sedangkan masyarakat Kota Banda Aceh yang wajib memiliki KTP mencapai 172.785 orang. Sementara warga yang telah melalukan perekaman tapi belum memiliki KTP El sebanyak 35.000 orang.

Karena itu, kepada masyarakat yang telah perekaman supaya segera ke Disdukcapil untuk menggantikan surat keterangan yang selama ini dipegang dengan KTP El. Demikian juga bagi warga yang kehilangan KTP juga harus mengurus kembali dengan syarat, harus ada surat keterangan hilang dari kepolisian.

“Sedangkan bagi KTPnya rusak segera mengganti dengan KTP El, dan yang belum rekam harus secepatnya ke Disdukcapil,” pinta Syahrullah. Dijelaskan juga, dalam hal ini yang menjadi perioritas adalah bagi masyarakat yang selama ini memegang surat keterangan. Sebab, rata-rata surat keterangan dimiliki warga itu juga telah lusuh bahkan ada yang telah robek.

Pada bagian lain Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh itu juga menjelaskan, selama ini banyak warga yang telah memiliki KTP El tahap pertama juga meminta agar diganti dengan KTP El baru. Sebab, KTP tahap pertama masih tercantum masa berlaku. Sedangkan KTP El baru ini berlaku seumur hidup. Padahal warga tak perlu mengganti KTP lama itu meskipun telah habis masa berlaku. Sebab, KTP itu masih tetap bisa dipakai sepanjang masa. “Sesuai surat Dirjen Depdagri, walaupun KTP itu telah habis masa berlaku masih tetap bisa dipakai,” jelasnya.(mis) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id