Mahasiswa Desak Pemko Bersihkan Utang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mahasiswa Desak Pemko Bersihkan Utang

Mahasiswa Desak Pemko Bersihkan Utang
Foto Mahasiswa Desak Pemko Bersihkan Utang

LHOKSEUMAWE – Puluhan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh (FH Unimal), berdemo ke Kantor Wali Kota Lhokseumawe, Kamis (4/5). Mereka mendesak Wali Kota dan Wakil Wali Kota segera membenahi keuangan Pemko agar terbebas dari utang-utang, sehingga program-program pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

Amatan Serambi, sekitar pukul 09.30 WIB, mahasiswa berkumpul di depan Kantor Wali Kota Lhokseumawe. Mereka berorasi secara bergantian di bawah pengawalan puluhan personel Polres Lhokseumawe. Dalam orasi itu, mahasiswa mendesak Wali Kota Lhokseumawe untuk memulihkan kembali APBK Lhokseumawe yang dinilai sudah kolaps.

Ketua BEM FH Unimal Razjis Fadli mengatakan, karena banyak terutang, berdampak pada terlambatnya realisasi pembangunan, dan pembayaran tunjangan profesi guru, dan lainnya. Selain itu, massa juga mendesak Pemko Lhokseumawe lebih transparan dan tertib administrasi.

Mahasiswa juga meminta Wali Kota mengevaluasi Kepala Dinas Syariat Islam dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Pasalnya, praktik maksiat seperti judi dan lainnya merajalela di wilayah Lhokseumawe. Mahasiswa juga menyorot soal retribusi parkir, karena penerapannya dinilai tak sesuai qanun.

Saat demo berlangsung, Sekda Lhokseumawe Bukhari AKS MM menemui pendemo dan mengatakan bahwa wali kota tak berada di kantor. Namun, mahasiswa menolak beraudiensi dengan Sekda karena dinilai ia tak bisa menentukan kebijakan. Sekda berjanji akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke wali kota, tapi mahasiswa menolaknya.

Lalu, Sekda menghubungi wali kota dengan handphonenya dan memperdengarkannya di hadapan mahasiswa. Namun, handphone Suaidi Yahya tidak aktif. Lalu Sekda berjanji akan mempertemukan mahasiswa dengan wali kota dalam waktu dekat ini. Ia akan menghubungi perwakilan mahasiswa jika wali kota sudah berada di Lhokseumawe.(jaf) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id