78 Siswa di Pidie tak Ikut UN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

78 Siswa di Pidie tak Ikut UN

78 Siswa di Pidie tak Ikut UN
Foto 78 Siswa di Pidie tak Ikut UN

SIGLI – Sebanyak 78 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiah (MTs) di Kabupaten Pidie tidak mengikuti ujian nasional sejak hari pertama ujian (Selasa, 2/5) hingga kemarin. “Rinciannya, siswa yang tidak ikut UNKP sebanyak 63 orang, dan yang tidak ikut UNBK 15 orang,” kata Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Pidie, Drs H Sulaiman, Kamis (4/5).

Faktor ketidakhadiran siswa tersebut dalam ujian akhir ini, kebanyakan karena tidak bersekolah lagi sejak beberapa bulan menjelang ujian. Sementara sebagian kecil siswa tidak ikut ujian karena sakit. “Untuk yang berhalangan karena sakit, bisa mengikuti ujian susulan yang akan dijadwalkan kemudian,” ujar Sulaiman.

Rincian siswa yang tidak ikut UN SMP/sederajat ini, paling banyak di SMPN 2 Batee yang mencapai 15 orang. Kemudian di SMPN 3 Sigli sebanyak empat orang, di SMPN 1 Peukan Pidie sebanyak dua orang, dan di SMPN 1 Muara Tiga satu orang.

Selanjutnya di SMPN 2 Mila, yang tidak ikut UN berjumlah lima orang, di SMPN 3 Tangse tiga orang, di SMPN 2 Kembang Tanjung empat orang, dan beberapa SMP dan MTs lainnya berjumlah masing-masing satu orang.

Total peserta Ujian Nasional (UN) SMP/MTs di Kabupaten Pidie secara keseluruhan berjumlah 7.101 pelajar. Rinciannya, ujian berbasis komputer (UNBK) diikuti 2.522 siswa dan ujian menggunakan kertas-pensil diikuti 4.679 siswa.

“Untuk UNBK, pihak sekolah menyiapkan komputer PC dan laptop di ruang ujian, yang setiap ruang diawasi dua petugas pengawas,” kata Kabid SMP Dinas Pendidikan Pidie, Drs H Sulaiman.

Ia menambahkan, pihak sekolah juga sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan dalam pelaksanaan UNBK, dengan penyediaan genset oleh pihak PLN setempat, jika listrik mati tiba-tiba.(aya) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id