Jalan Krueng Raya ke Laweung Rusak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jalan Krueng Raya ke Laweung Rusak

Jalan Krueng Raya ke Laweung Rusak
Foto Jalan Krueng Raya ke Laweung Rusak

* Begitu juga dari Grong-grong dan Simpang Beutong

BANDA ACEH – Tujuh dari sekitar 42 kilometer (km) Jalan Krueng Raya, Aceh Besar-Laweung, Pidie rusak berat di km 27-34 kawasan Laweung. Selain dari arah Krueng Raya, dua jalan lainnya menuju ke Laweung dari Simpang Beutong dan Grong-grong, Pidie juga rusak masing-masing sekitar 3 km.

Wakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda menyampaikan hal ini kepada Serambi saat meninjau kerusakan jalan tersebut di km 27-34 bersama sejumlah staf Dinas Bina Marga Aceh, Rabu (3/5). “Tiga ruas jalan menuju Kecamatan Laweung rusak berat dan berlubang-lubang,” kata Sulaiman Abda.

Adapun jarak dari Simpang Beutong ke Laweung, kata Sulaiman Abda sekitar 10 km dan jika dari pertokoan Grong-grong atau Simpang ke Kecamatan Batee, Pidie menuju Laweung sekitar 15 km. Karena itu, Sulaiman Abda meminta pihak Dinas Bina Marga Aceh dan Dinas Bina Marga Pidie memperbaiki ruas jalan yang sudah rusak dan berlubang itu.

Sulaiman Abda mengatakan sesuai laporan Kapolsek Laweung, Maksum Umar kepada mereka, akibat badan jalan rusak tersebut hampir setiap hari ada pengendera sepeda motor jatuh. Selain itu, ada juga yang mengalami kecelakaan tunggal lainnya hingga luka-luka karena jatuh ke lubang, terutama saat hujan deras lantaran lubang besar di tengah dan pinggir jalan sudah tertutup air hujan. “Paling berbahaya lagi kalau pulang malam karena pada ruas jalan jalan yang rusak itu tak ada lampu jalan,” kata Sulaiman Abda mengutip keterangan kapolsek.

Masih mengutip laporan kapolsek, Sulaiman Abda mengatakan karena gelap gulita, maka ketika malam hari banyak pengendara melaju cepat, sehingga tak jarang pengguna sepeda motor terperosok ke lubang jalan, terbanting dari sepeda motor dan jatuh sehingga korban harus dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Aceh, Ir Rizal Aswandi mengatakan dari ketiga ruas jalan itu yang rusak, dua ruas di antaranya, yakni Krueng Raya-Laweung dan Laweung-Batee-Grong-grong sudah ada anggaran perbaikannya dari dana alokasi khusus (DAK) APBN masing-masing Rp 12 miliar karena itu termasuk ruas jalan provinsi. “Proyek itu akan ditender bulan ini,” kata Rizal Aswandi.

Sedangkan untuk ruas Laweung-Simpang Beutong, kata Rizal belum disediakan anggaran lantaran ruas itu berstatus jalan kabupaten. Karena itu, Rizal meminta pihak Dinas Bina Marga, Pidie mencari sumber dana lainnya untuk perbaikan jalan tersebut. (her) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id