Awas, Penipu Catut Nama Bea Cukai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Awas, Penipu Catut Nama Bea Cukai

Awas, Penipu Catut Nama Bea Cukai
Foto Awas, Penipu Catut Nama Bea Cukai

BANDA ACEH – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Aceh, mengimbau masyarakat Aceh untuk tidak tergiur dengan iming-iming yang terus dilancarkan sindikat penipu yang mengatasnamakan Bea Cukai dan petugasnya. Kejahatan oleh sindikat penipu yang belum diketahui identitasnya itu masih bergentayangan sampai saat ini menggunakan modus menawarkan mobil lelang serta barang black market dengan harga murah di bawah harga pasaran.

Pernyataan itu disampaikan Kasubag Humas dan Rumah Tangga Kanwil DJBC Aceh, Yudi Amirullah dalam coffee morning Sosialisasi Kepabeanan dan Cukai pada salah satu warung kopi (warkop) di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Rabu (3/5).

“Bila ada yang mengaku-ngaku dari Bea Cukai jangan langsung percaya, tolong dikroscek terlebih dulu ke call center Bea Cukai di 1500225,” kata Yudi.

Menurutnya, korban yang tertipu sudah mencapai belasan orang dari berbagai kalangan dan laporan itu terus diterima pihaknya. Jumlah uang yang dikirim para korban ke penipu itu pun bervariasi dari belasan sampai puluhan juta rupiah. Lalu, nama pegawai Bea Cukai yang dicatut namanya itu juga sempat terganggu psikologinya.

Hal itu disebabkan oleh seringnya didatangi oleh orang-orang yang mengaku sudah mentransfer uang pada pegawai bea cukai tersebut. Yudi menjelaskan, berbagai upaya pencegahan telah dilakukan, termasuk berkoordinasi dengan kepolisian dan menyiarkan melalui website resmi Bea Cukai.

Didampingi Dede Ferdian, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Banda Aceh, Yudi mengungkapkan kalau pun ada pelelangan yang dilakukan, ada proses, salah satunya akan ditayangkan resmi di website Kementerian Keuangan RI yaitu www kemenkeu.go.id.

“Kalau yang via telepon dan mengatasnamakan pegawai Bea Cukai, patut dicurigai. Tolong kroscek dulu, agar tidak ada lagi masyarakat yang tertipu,” pungkas Yudi.

Coffee morning itu turut dihadiri Kasubag Umum Bea Cukai Banda Aceh, Toupik Kurohman dan Kepala Seksi Pembendaharaan Bea Cukai Banda Aceh, Satria.(mir) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id