Petugas PPS Demo KIP Agara | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petugas PPS Demo KIP Agara

Petugas PPS Demo KIP Agara
Foto Petugas PPS Demo KIP Agara

* Sempat Bentrok dengan Polisi

KUTACANE – Seribuan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 385 desa di 16 kecamatan melakukan demonstrasi keKantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara (Agara) Selasa (2/5). Aksi itu sempat diwarnai kericuhan, saat pendemo berupaya mendobrak pintu pagar Kantor KIP, tetapi dihadang petugas polisi dan Satpol PP.

Aksi saling dorong itu menyebabkan pintu kantor KIP roboh, tetapi polisi tetap melarang demonstran memasuki kantor. Suasana kembali tenang setelah Koordinator Aksi, Pajriansyah mengendalikan kemarahan massa yang sudah memuncak, karena gaji belum juga dibayarkan, bahkan mereka meminta diproses secara hukum atas keterlambatan pembayaran jerih payah mereka.

Pajriansyah dalam orasinya menegaskan kedatangan petugas PPS ke KIP Agara ini untuk meminta gaji selama dua bulan agar segera dibayarkan. Disebutkan, selama ini, pihak KIP terus berjanji akan membayarkan gaji pada akhir April 2017, namun, sampai saat ini belum juga dibayarkan.

“Kami minta gaji bapak-bapak dan ibu-ibu PPS ini yang sudah lelah mensukseskan Pilkada segera dibayarkan,” kata Fajriansyah. Dia menjelaskan, gaji itu seharusnya dapat digunakan untuk membeli beras atau uang meugang bulan Puasa Ramadhan dan juga persiapan menghadapi lebaran Idul Fitri 1438 H.

Dikatakan, gaji Ketua PPS sebesar Rp 900 ribu/bulan dan Wakil Ketua Rp 850.000/bulan serta Sekretaris PPS Rp 750 ribu/bulan. Selain itu, para demonstran juga menanyakan dana ATK PPS.

Saat berdemo di Kantor KIP Agara, Kapolres Agara, AKBP Edi Bastari melakukan dialog dengan Komisioner KIP Agara, Sekda Agara Gani Suhud MAP, dan perwakilan PPS dari 16 kecamatan tersebut. Tetapi, demonstran terus berteriak-teriak minta agar gaji dibayarkan, karena sudah bersusah payah bekerja, apalagi mayoritas berekonomi lemah.

Sedangkan para demontran melakukan longmarch dari Komplek Pelajar Babussalam yang jaraknya sekitar lima kilometer ke KIP Agara sambil membawa alat pengeras suara dan mengusung berbagai poster. Massa yang datang pukul 10.00 WIB pagi, hingga pukul 17.00 WIB masih menduduki Kantor KIP Agara.

Sebelumnya, seratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 16 kecamatan melakukan demonstrasi ke Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Agara, Senin (10/4). Mereka menuntut pembayaran gaji yang belum juga dibayarkan selama dua bulan, Februari dan Maret 2017.

Tetapi, kedatangan para petugas Pilkada itu disambut oleh dua anggota DPRK Agara, Supian Sekedang dan Barudin. “Kami minta dibayarkan gaji dua bulan karena kami udah capek kerja untuk Pilbup maupun Pilgub Aceh, “ujar Tenembak Langlang dari Kecamatan Deleng Pokhisen.

Anggota DPRK Agara dari Partai Demokrat, Supian Sekedang, Senin (10/4) mengatakan ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab mengarahkan PPS ke BPKKD Agara. “Ini keliru, karena pembayaran gaji bukan di BPKKD, tetapi di Komisi Independen Pemilihan (KIP),” jelas Supian.

Dia menjelaskan dana operasional Pilkada telah diserahkan ke KIP Agara sebesar Rp 27,9 miliar, termasuk untuk gaji petugas PPS. Menurut dia, gaji PPS dan Sekretariat yang berjumlah enam orang per desa di 385 desa harus dibayarkan pada akhir bulan ini. “Apabila tidak, maka akan direkomendasikan untuk dibawa ke jalur hukum,” katanya.

Sekretaris KIP Agara, Irwandi Ramud saat menanggapi pendemo yang juga petugas PPS pada Senin (10/4) mengatakan pihaknya tidak ada lagi dana untuk membayar gaji petugas PPS. “Bagaimana mau dibayar, kita saja tidak ada uang. Mau pakai apa dibayar,” tanyanya, seraya menambahkan telah mengusulkan tambahan anggaran, karena sudah tidak ada lagi.

“Kami minta TAPK untuk membahas kembali ke Pemkab Agara atas dana Pilkada yang seharusnya Rp 32 miliar, tetapi yang disetujui Rp 27,9 miliar dan dana ini tidak cukup untuk bayar gaji para PPS. Kita sudah minta tambah Rp 4 miliar, tetapi belum ada kepastian,” ujar Irwandi Ramud. Irwandi menyatakan akan mempertanggungjawabkan dana yang masuk ke rekening KIP Agara.(as) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id