Gubernur Aceh Diminta Segera Keluarkan Pergub Meugang bagi Buruh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Aceh Diminta Segera Keluarkan Pergub Meugang bagi Buruh

Gubernur Aceh Diminta Segera Keluarkan Pergub Meugang bagi Buruh
Foto Gubernur Aceh Diminta Segera Keluarkan Pergub Meugang bagi Buruh

URI.co.id, BANDA ACEH – Sejumlah buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Aceh (ABA) menggelar aksi damai di depan Gedung DPRA, Banda Aceh, Senin (1/5/2017).

Aksi itu dalam rangka memperingati hari buruh sedunia (may day) yang diperingati setiap 1 Mei. Massa disambut oleh anggota DPRA dan DPRK Banda Aceh dari PKS, Bardan Sahidi dan Irwansyah.

Salah satu tuntutan yang disampaikan dalam aksi itu adalah meminta Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pemberian uang meugang bagi buruh.

“Kita menuntut pemerintah Aceh mengeluarkan Pergub meugang pada setiap lebaran dan puasa karena itu impian semua buruh di Aceh. Karena itu, segera Pergub itu dikeluarkan oleh pemerintah,” teriak Ketua ABA, Drs Tgk Syaiful Mar.

Dalam aksi itu, Syaiful Mar juga menyampaikan berbagai tuntutan lainnya, termasuk meminta pemerintah Aceh agar menaikan upah minimum provinsi (UMP) Aceh tahun 2018 sebesar Rp 3.150.000.

Selama ini, Gubernur Aceh telah menetapkan UMP Aceh tahun 2017 sebesar Rp 2.500.000. Namun, banyak kelompok pengusaha yang menolak jumlah tersebut dan menggugatnya ke pengadilan.

“Kita tidak mengemis, kami tidak meminta yang lebih, kami tidak meminta yang lebih. Kami minta hak-hak kami yang diperoleh dari keringat kami sendiri. Perhatikan hak-hak kami, kami sebagai pekerja mempunyai anak istri, tolong diperhatikan hak kami,” teriak orator lain. (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id