Pemkab Diminta Salurkan Raskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemkab Diminta Salurkan Raskin

Pemkab Diminta Salurkan Raskin
Foto Pemkab Diminta Salurkan Raskin

* Bulog belum Terima Permintaan Penyaluran

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara hingga akhir April belum juga menyalurkan beras miskin (raskin) jatah triwulan pertama (Januari-Maret) 2017. Masyarakat miskin penerima raskin di kabupaten itu meminta pemkab segera menyalurkannya, agar mereka memiliki stok beras pada Ramadhan nanti.

“Sudah banyak masyarakat miskin yang terus mempertanyakan kepada kami, kenapa raskin jatah bulan ke 13 tahun 2016 dan raskin triwulan pertama tahun 2017 belum juga disalurkan,” kata Kepala Urusan (Kaur) Umum Samakurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Abdul Rafar kepada Serambi, Sabtu (28/4).

Abdul Rafar mengatakan, warga terus mempertanyakan penyaluran raskin pada aparat desa, karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, raskin jatah Januari-Maret disalurkan pada akhir Maret. Menurut dia, warga pantas bertanya karena sudah akhir April belum ada informasi tentang penyalutan raskin jatah triwulan pertama tersebut.

Selain itu, warga mempertanyakan raskin karena saat ini kawasan Tanah Jambo Aye sedang musim tanam. Kemungkinan besar stok beras warga sudah menipis, apalagi tak lama lagi sudah masuk Ramadhan. “Warga berharap raskin bisa disalurkan tepat waktu, jika memang tak bisa disalurkan lebih cepat,” kata Abdul Rafar.

Permintaan yang sama disampaikan M Amin, warga Seunuddon. Untuk diketahui, masing-masing warga miskin di Aceh Utara menerima beras 15 kilogram/kepala keluarga/bulan. Jika disalurkan tiga bulan sekali, maka per KK menerima 45 KG beras.

Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Lhokseumawe, Mulyadi mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum menerima permintaan penyaluran raskin dari pemkab. Sedangkan stok beras di gudang bulog sudah tersedia dan mencukupi sampai setelah Lebaran Idul Fitri mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemkab, katanya mereka masih butuh waktu untuk mempersiapkan data penerimanya, karena ada perubahan jumlah penerima tahun ini. Jadi kami tunggu saja kapan ada permintaan. Kami kapan saja siap menyalurkan jika sudah ada permintaan,” katanya.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Aceh Utara, Marwan kepada Serambi menjelaskan, berdasarkan SK Gubernur Aceh, tahun ini jumlah penerima rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS PM) bertambah sekitar 4.000 lebih. Tahun sebelumnya raskin disalurkan kepada 50.714 RTS PM.

Karena itu, kata Marwan, pihaknya sedang mempersiapkan data tersebut dan merevisi data sebelumnya. Proses tersebut membutuhkan waktu. Tapi, ditargetkan proses revisi data tersebut selesai dalam pekan ini. “Bapak Bupati sudah setuju penambahan raskin, jadi kita harap warga bersabar,” harap Marwan.(jaf) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id