KP2A Rapat Bersama Pekerja Sosial | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KP2A Rapat Bersama Pekerja Sosial

KP2A Rapat Bersama Pekerja Sosial
Foto KP2A Rapat Bersama Pekerja Sosial

URI.co.id, BANDA ACEH – Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak (KP2A) Aceh mengadakan rapat bersama 32 Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) dari seluruh Aceh, Sabtu (29/4) di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LKPS) Lampineung, Banda Aceh.

Rapat itu dihadiri Anggota DPRA dari NasDem, Zulfikar Lidan.

Komisioner KP2A Aceh, Firdaus D Nyak Idin kepada URI.co.id, Sabtu (29/4) mengatakan, tujuan rapat itu untuk mengkoordinasikan peran KP2A terkait pengawasan dan perlindungan anak kepada lintas sektor, salah satunya dengan sakti peksos. 

“Persoalan yang paling mendasar adalah koordinasi lintas sektor. Untuk urusan anak, tidak bisa ditangani oleh satu lembaga saja,” ujarnya.

Fidaus mencontohkan, penanganan kasus kekerasan terhadap anak membutuhkan koordinasi di sektor kesehatan dan pendidikan. 

“Seorang anak yang berkasus harus didampingi pada masa rehabilitasi hingga pengembaliannya kepada masyarakat,” jelasnya, dan menyebut 32 sakti peksos saat ini sudah tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Sementara itu, Anggota DPRA dari NasDem, Zulfikar Lidan mengatakan, sudah sepatutnya pemerintah baik eksekutif dan legislatif mendukung kerja sakti peksos. Sebab mereka merupakan ‘mata’ dan informan pemerintah terkait informasi terkini penanganan anak.

Dia menambahkan, pemerintah daerah juga belum memberikan dukungan maksimal terhadap penanganan anak. Misalnya kata Zulfikar, shelter (pemondokan) khusus anak belum ada di daerah.

“Oleh karena itu kebijakan anggaran harus adil, agar kegiatan peksos di daerah menjadi optimal,” harapnya.

Hadir pada pertemuan tersebut Ketua Forum Sakti Peksos, Iwan Doa Sampena, bersama puluhan pekerja sosial, serta supervisor Aceh, Mardhatillah. (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id