Pencurian Ikan di Perairan Aceh Marak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pencurian Ikan di Perairan Aceh Marak

Pencurian Ikan di Perairan Aceh Marak
Foto Pencurian Ikan di Perairan Aceh Marak

* DKP Gelar Pelatihan Saksi Ahli

BANDA ACEH – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas saksi ahli dari 18 DKP kabupaten/kota se-Aceh. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (25-28/4) itu digelar di Hotel Arabia Peunayong, Banda Aceh.

Peningkatan kapasitas bagi para saksi ahli dari internal DKP kabupaten/kota tersebut dipandang penting, berkaitan maraknya pencurian ikan (illegal fishing) di perairan Aceh.

Kadis DKP Aceh, Ir T Diauddin menjelaskan, kegiatan peningkatan kapasitas saksi ahli itu berjumlah 40 orang dari 18 DKP kabupaten/kota terutama wilayahnya pesisir. Usai kegiatan itu, 40 saksi ahli itu akan bertugas membantu mempercepat proses penegakan hukum terhadap berbagai tindak pidana perikanan bersama instansi terkait lain.

“Selama ini salah satu kendala dalam proses penegakan hukum kurangnya SDM dan jumlah saksi ahli di kabupaten/kota,” ujarnya.

Kadis DKP Aceh juga menjelaskan, kegiatan peningkatan kapasitas terhadap 40 saksi ahli dari DKP kabupaten/kota itu, sebagai solusi menanggapi permasalahan pelanggaran yang terjadi di perairan selama ini.

Kabid Pengawasan Kelautan dan Perikanan DKP Aceh, Ir Hj Nurhayani menambahkan, dalam kegiatan peningkatan kapasitas saksi ahli itu menghadirkan sejumlah pemateri yaitu, Direktur PSDKP, Ditjen PSDKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dr Ir Agus Priyono MSi, Kasubdit Direktorat Penanganan Pelanggaran, Ditjen PSDKP, KKP, Teuku Elvitrasyah SH MH.

Lalu dari Staf Ahli Direktorat Kapal Api, Ditjen Perikanan Tangkap, KKP, Ir Jaiunur Manurung MM, Kejati dan Ditpolair Polda Aceh, PSDKP Lampulo, Syahbandar Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Aceh dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Malahayati.

“Peningkatan kapasitas bagi saksi ahli yang diadakan oleh DKP Aceh ini yang pertama di Indonesia. Harapan kami ini dapat menjadi contoh bagi pemerintah pusat untuk menyelenggarakannya di level nasional,” ujar Direktur PSDKP, Ditjen PSDKP, KKP Dr Ir Agus Priyono.(mir) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id