Hari Ini, Final MQK Digelar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hari Ini, Final MQK Digelar

Hari Ini, Final MQK Digelar
Foto Hari Ini, Final MQK Digelar

BANDA ACEH – Hari ini, Sabtu (29/4) cabang perlombaan Musabaqah Qira’atil Kutub akan menggelar babak final di Ruang Kuliah Umum (RKU) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar raniry. Peserta babak final terdiri atas tiga qori dan tiga qoriah.

Cabang ini sudah mulai diperlombakan sejak Kamis (27/4), dengan jumlah 58 peserta, yang terdiri atas 35 qori dan 23 qoriah. Hampir semua perguruan tinggi ikut mengirim delegasinya untuk cabang MQK.

Pada perlombaan ini para peserta diberikan waktu untuk membaca kitab dan memperhatikan makrajnya.

“Peserta membaca kitab selama lima menit , makrajnya ditentukan saat berada di podium kemudian 3-4 menit peserta menerjemahkan ke bahasa Indonesia apa yang sudah dibacakan tadi, 3 menit terakhir tanya jawab tentang nahu sorohnya, kaidah-kaidah bahasanya, dan penafsiran kontekstual dengan kondisi kekinian,” ujar Effendi, official perlembaan.

Ia juga menambahkan, bahwa juri perlombaan ini bervariasi bukan hanya dari UIN Ar-Raniry, melainkan ada dari IAIN Malikulsaleh dan UIN Jakarta, yang memiliki kemampuan yang kompeten. Penyerahan penghargaan dalam perlombaan ini rencananya akan diberikan oleh salah satu pimpinan UIN Ar-Raniry. (mun) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id