PLN Resmikan Pemakaian Listrik Di Sejumlah Desa Terpencil | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PLN Resmikan Pemakaian Listrik Di Sejumlah Desa Terpencil

  • Reporter:
  • Sabtu, April 29, 2017
PLN Resmikan Pemakaian Listrik Di Sejumlah Desa Terpencil
Foto PLN Resmikan Pemakaian Listrik Di Sejumlah Desa Terpencil

REDELONG – Beberapa desa pedalaman di Kecamatan Syiah Utama dan Kecamatan Mesidah, Kabupaten Bener Meriah, mulai bisa menikmati aliran listrik selama 24 jam, menyusul telah diresmikannya proyek listrik pedesaan oleh PLN Aceh di Kampung Rusip, Kemukiman Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Kamis (27/4) kemarin.

Peresmian yang berlangsung di halaman Mapolsek, Syiah Utama, Kampung Rusip tersebut, merupakan komitmen PLN, menerangi seluruh pelosok Indonesia dengan adanya jaringan listrik. Begitu juga dengan daerah terpencil di Kabupaten Bener Meriah yang selama ini, belum menikmati penerangan listrik. Seperti di Desa Rusip, Kemukiman Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, daerah tersebut dihuni sekitar 77 Kepala Keluarga (KK). Desa yang terletak jauh di pedalaman Aceh ini, mempunyaikondisi geografis yang sulit dijangkau karena terdiri dari bukit yang rawan longsor dan tebing curam.

Bahkan, menuju daerah itu, membutuhkan waktu 13 jam perjalanan darat dari Banda Aceh serta 4 jam dari Simpang Tiga Redelong, Ibukota Kabupaten Bener Meriah.Sedangkan peresmian yang berlangsung di halaman Polsek Syiah Utama, dihadiri oleh General Manager PLN Aceh, Jefri Rosiadi, Manajer SDM & Umum, Yusdiansyah, Plt Bupati Bener Meriah yang diwakili Asisten II BidangEkonomi & Pembangunan, Abd Muis SE MT, Anggota DPRK bener Meriah, Camat Syiah Utama serta perangkat Desa Rusip.

General Manager PLN Aceh, Jepri Rosiadi, menyebutkan, hasil evaluasi PLN Aceh, setidaknya 2,5 persen desa di Aceh yang belum memiliki jaringan listrik dari PLN. Untuk itu, ditargetkan pada tahun 2017 ini, sebanyak 21 desa akan dialiri listrik dari PLN. “Kami berupaya seluruh Aceh, bisa tersuplai jaringan listrik dari PLN. Hanya saja, daerahnya sangat terpencil sehingga sulit untuk masuk,” kata Jepri Rosiadi.

Untuk itu, Jepri Rosiadi mengharapkan kepada pemerintahdaerah, untuk membantu memuluskan jalan-jalan ke desa, sehingga peralatan untuk listrik bisa masuk. “Keberhasilan melistriki desa ini, tidak terlepas daridukungan semua pihak. Baik pemerintah daerah Bener Meriah, stakeholder serta masyarakat,” ungkapnya. Plt Bupati Bener Meriah, Drs H Rusli M Saleh, dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten II, Abd Muis, mengapresiasi kinerja PLN, sehingga masyarakat yang selama 72 tahun belum menikmati listrik dari PLN, kini sudah merasakan penerangan. “Terimakasih PLN, akhirnya masyarakat kami bisamenikmati listrik. Semoga dengan adanya listrik di Desa Rusip, masyarakat semakin maju dan perekonomian meningkat,” ujar Abd Muis.

Berdasarkan data, PLN Aceh pada tahun 2016 telah mengalirkan listrik ke 43 desa yang berada di 34 kecamatan dengan jumlah pelanggan sebanyak 2023. Sedangkan, panjang jaringan mencapai 235,4 kms di seluruh Aceh. Saat ini Rasio Elektrifikasi PLN Aceh telah mencapai 96,39. Sementara itu, Dalam peresmian listrik di Kampung Rusip, PLNjuga menyerahkan bantuan berupa peralatan olahraga dan AlQuran. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id