Antisipasi Longsor Susulan, Lintas Utung-Utung Masih Ditutup | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Antisipasi Longsor Susulan, Lintas Utung-Utung Masih Ditutup

Antisipasi Longsor Susulan, Lintas Utung-Utung Masih Ditutup
Foto Antisipasi Longsor Susulan, Lintas Utung-Utung Masih Ditutup

URI.co.id, BANDA ACEH – Setelah enam hari membersihkan material longsor di kawasan Utung-Utung Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, akhirnya, hingga Kamis (27/4/2017) pukul 16.00 WIB, material longsor selesai dibersihkan.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Jauhari ST, Jumat (28/4/2017) mengatakan, meksipun ruang jalan Takengon-Bintang itu sudah dibersihkan dan sudah dapat dilintasi kendaraan bermotor roda empat.

Namun jalan akses Takengon-Bintang dan sebaliknya masih ditutup untuk dilintasi masyarakat dan kendaraan bermotor, dikuatirkan akan terjadi longsor susulan.

“Alhamdulillah, Kamis (27/4/2017) sore, tepat pada pukul 16.00 wib, penanganan darurat longsor Utung-Utung sudah selesai, namun saya mewakili Pemkab Aceh Tengah mohon maaf karena untuk sementara waktu akses keluar masuk dari dan ke Bintang kami tutup, karena ada tiga bongkahan batu yang sangat besar masih berada di atas tebing dan sangat riskan terhadap pengguna jalan,” ujar Jauhari.

Ia mengatakan, saat pembersihan lokasi itu, petugas menemukan dua unit sepeda motor di dalam reruntuhan tanah longsor, namun tidak ditemukan lagi korban manusia.

Satu unit ini sepeda motor ditemukan hari ke lima dan satu lagi hari keenam.

“Isu adanya masyarakat yang tertimbun bersama mobil Avanza, sejauh ini petugas tidak menemukannya. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam penanganan longsoran Utung-Utung,” ujar Jauhari.

Jauhari mengimbau kepada pengguna jalan dari Takengon ke Gayo Lues dan sebaliknya, agar tidak melintasi kawasan Utung-Utung, jalur utara Danau Laut Tawar.

Pengguna jalan diminta mengambil jalur selatan danau melewati Kampung Dedalu, depan Hotel Renggali untuk menuju Bintang.

“Saya akan membahas masalah lintasan Utung-Utung ini dengan Bupati Aceh Tengah dan forum SKPK, guna mencari cara penanganan yang tepat dan cepat,” ujar Jauhari. (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id