Longsor Lumpuhkan Jalur Aceh-Sumut | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Longsor Lumpuhkan Jalur Aceh-Sumut

Foto Longsor Lumpuhkan Jalur Aceh-Sumut

* Sebuah Truk Tertimpa Pohon

SUBULUSSALAM – Jalan Nasional Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di kawasan Kedabuhen, Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam tertimbun longsor, Rabu (9/3) malam menyebabkan lumpuhnya transportasi di jalur darat tersebut. Sebuah truk dilaporkan tertimpa pohon namun tidak sampai merenggut korban jiwa,

Informasi yang dihimpun Serambi, longsor terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, paska angin kencang dan hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut. Longsoran tanah, batu, dan kayu menutupi badan jalan sepanjang lebih kurang 500 meter dengan ketinggian hampir dua setengah meter.

Kepala Desa Jontor, Sudirman Ali Tumangger menjawab Serambi mengatakan, transportasi lumpuh total. Menurutnya, selain timbunan tanah juga tumbang pohon sehingga semakin memperburuk kondisi lintasan itu. Masyarakat turun ke lokasi membantu membersihkan material longsor dan pohon kayu yang menutupi badan jalan. Hingga pukul 20.40 WIB Jalan Nasional Aceh-Sumut masih lumpuh total.

Pada pukul 21.00 WIB satu unit alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Aceh diturunkan ke lokasi. Juga turut membantu pengamanan dan pembersihan di sana pihak kepolisian sektor Penanggalan, Danpos, personel Lantas Subulussalam serta aparat TNI. Proses pembersihan membutuhkan waktu cukup lama karena besarnya material longsor.

Selain badan jalan, material longsor berupa kayu besar dan tanah sempat menimpa satu truk colt diesel yang sedang melintas di lokasi kejadian. Truk colt diesel milik Ny Merna Maha (64) itu dikemudikan Hariman Angkat ditumpangi Merna dan beberapa lainnya. Truk sayur BK 9984 BU ini melintas dari Desa Suka Maju, Kecamatan Sultan Daulat tujuan Sidikalang, Sumut. “Saat truk sedang melaju, tiba-tiba ditimpa kayu besar disusul longsoran tanah,” kata Merna kepada wartawan.

Begitu truknya ditimpa longsor, Merna bersama anak dan penumpang lainnya berusaha menyelamatkan diri keluar dari kaca mobil yang telah remuk. Mereka selamat namun kondisi truk ringsek. Hingga pukul 21.00 WIB tadi malam truk belum berhasil ditarik dari timbunan kayu dan tanah.(lid) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id